Bupati Humbahas Harapkan Pelayanan RSU Doloksanggul Bisa Jauh Lebih Baik

Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE rapat bersama dengan dokter dan tenaga medis di RSUD Doloksanggul, Jumat (26/5/2023). Turut hadir mendaingi, Asisten Pemerintahan dan Kesra Makden Sihombing SSos dan Plt Kadis Kesehatan P2KB dr Gunawan P Sinaga.

 topmetro.news – Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE rapat bersama dengan dokter dan tenaga medis di RSUD Doloksanggul, Jumat (26/5/2023). Turut hadir mendaingi, Asisten Pemerintahan dan Kesra Makden Sihombing SSos dan Plt Kadis Kesehatan P2KB dr Gunawan P Sinaga.

Dalam pertemuan itu, Bupati Humbahas mengharapkan pelayanan di RSUD Doloksanggul harus bisa jauh lebih baik. “Pelayanan di rumah sakit ini harus jauh lebih baik. Suka tak suka harus diurus dengan baik. Secara proses bisnis, rumah sakit di mana pun itu tidak pernah rugi. Kalau rugi berarti tidak benar pengelolaannya. Apalagi ini rumah sakit milik pemerintah. Tidak mungkin pemerintah bangkrut. Jangan ada permainan apa pun di rumah sakit ini. Kalau kita memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat, itu namanya baru hebat,” jelas Bupati Humbahas.

Bupati Humbahas juga menambahkan, pengelolaan RSUD Doloksanggul harus baik dan benar. Jumlah penduduk Humbahas ada 204.377 jiwa lebih. Kalau 10% saja datang berobat ke RSUD Doloksanggul, menurutnya sudah beruntung. Jadi supaya beruntung, pengelolaan harus benar-benar baik. Berikan pelayanan terbaik kepada masyarakat yang datang berobat ke rumah sakit.

“Harapan kita, RSUD Doloksanggul ini menjadi rujukan tipe C terbaik di wilayah Tapanuli. Bukan hanya pelayanan medis, kebersihan juga harus jelas. Kebersihan bukan hanya tanggungjawab tenaga kebersihan, tapi kita harus ikut terlibat. Begitu dengan obat-obatan, harus beli dengan benar. Dalam pelayanan, para dokter dan tenaga medis lainnya harus punya hati dan kepedulian yang tinggi. Kalau ada konflik, lupakan itu. Karena kita satu sama lain saling membutuhkan,” tegas Bupati lagi.

Fasilitas Pelayanan

Direktur RSUD Doloksanggul dr Heppi Suranta Depari menjelaskan soal jenis pelayanan gawat darurat (IGD) 24 jam. Pelayanan rawat jalan yaitu poliklinik umum, penyakit dalam, kebidanan dan kandungan, bedah, anak, mata, THT, saraf, paru, jantung, jiwa, bedah mulut, gigi, kulit kelamin, dan fisioterapi.

Kemudian pelayanan rawat inap telah tersedia rawat inap VIP. Juga, rawat inap anak, rawat inap kelas 1,2 dan 3 dewasa dan rawat inap kebidanan. Pelayanan khusus yaitu pelayanan kamar operasi dan anastesi, pelayanan intensive care unit, pelayanan neonatal intensive care unit (NICU) dan pelayanan ponek.

Pelayanan penunjang medik yaitu pelayanan laboratorium, radiologi, forensic, endoscopy diagnostic, farmasi, hemodialisa dan transfusi darah. Selanjutnya, pelayanan penunjang nonmedis. Yaitu penunjang rekam medis, instalasi gizi, instalasi pemeliharaan sarana dan prasarana RS, laundry, CSSD, dan ambulance.

Tenaga medis yang tersedia di RSUD Doloksanggul terdiri dari dokter umum 15 orang, dokter gigi 3. Lalu spesialis penyakit dalam 2 orang, spesialis obgin 2, bedah umum 2. Spesialis anak 2 orang, spesialis paru 1, spesialis jantung dan spesialis pembuluh darah 2.Lalu, spesialis neurologi 2 orang, spesialis jiwa 2, spesialis mata 1 orang. Spesialis radiologi 1 orang, spesialis kulit dan kelamin 1, spesialis forensic 1, spesialis anestesi 2 orang. Kemudian, spesialis THT-KL 1 orang, spesialis bedah mulut 1, spesialis patologi klinik 1, dan spesialis patologi anatomi 1 orang.

Untuk penambahan PAD di RSUD Doloksanggul, akan diterapkan parkir elektronik, medical check up dan penambahan lokasi sewa ATM. Termasuk sewa kantin dan ‘home care’.

Usai rapat dan diskusi terkait peningkatan pelayanan, Bupati Humbahas dan rombongan meninjau beberapa fasilitas rumah sakit, termasuk mengunjungi pasien.

reporter | S Marihot Pakpahan

Related posts

Leave a Comment