HKD Diminta Perjuangkan Tiang Listrik Masuk Gang Sedar

topmetro.news – Warga Jalan Baru, Gang Sedar, Lingkungan 15, Rengas Pulau, Medan Marelan meminta anggota DPRD Kota Medan, Haris Kelana Damanik, untuk memasukkan tiang listrik di wilayah itu. Sebab, selama ini aliran listrik ke rumah warga hanya mengandalkan satu mustang dari rumah warga.

Warga menyampaikan hal itu kepada tim Haris Kelana Damanik (HKD) saat menyambangi wilayah tersebut, Senin (29/5/2023).

Salah seorang warga, Khairil Anwar, kepada tim HKD menyampaikan selama ini aliran listrik ke rumah-rumah hanya mengandalkan satu titik mustang dari salah satu rumah warga.

Akibatnya, banyak kabel yang mengalirkan arus listrik ke rumah warga tertumpuk di satu titik mustang itu.

“Setiap ada pembangunan rumah di wilayah ini, arus listrik selalu diambil dari satu titik mustang itu. Dari satu titik mustang itu menyambungkan ke 15 rumah warga lainnya,” katanya.

Kondisi itu, sebut Anwar, sangat membahayakan rumah warga di wilayah itu, karena rentan terjadinya kebakaran.

“Pernah satu ketika terjadi konslet. Peristiwa itu hampir membakar rumah warga. Kiranya Pak Haris Kelana Damanik bisa memfasilitasi memasukkan tiang listrik ke daerah kami,” pinta Anwar.

Keluhan Masyarakat

Menanggapi permintaan itu, Haris Kelana Damanik, mengatakan akan menyampaikan keluhan dan permohonan masyarakat itu kepada PLN selaku pihak berwenang untuk menanganinya.

Sebab, kata Haris, listrik merupakan kebutuhan utama semua orang, karena kenyamanan hidup masyarakat modern saat ini sangat bergantung pada listrik.

“Bukan hanya untuk menerangi rumah, hampir semua peralatan di rumah tangga juga sudah menggunakan listrik,” katanya.

Menurut Wakil Ketua Fraksi Partai Gerindra itu, kondisi satu mustang menyambungkan kabel listrik ke 15 rumah warga sangat membahayakan. “Kondisi seperti itu rentan akan terjadinya kebakaran. Sebab, satu tiang mustang itu tidak akan sanggup menampung beban arus listrik yang masuk untuk dialirkan ke rumah warga lainnya. Jika sudah begitu, tentunya akan sangat mudah terjadinya konslet,” katanya.

Idealnya, sebut Ketua Komisi IV itu, satu tiang listrik itu untuk sekitar 5 rumah tangga, dengan ketentuan satu mustang itu untuk satu rumah. “Jadi, bukan satu mustang itu untuk beberapa rumah tangga. instalasi listrik rumah tangga harus di perhatikan dengan baik, supaya orang yang tinggal di rumah akan merasa aman dan nyaman,” tukasnya.

reporter | Thamrin Samosir

Related posts

Leave a Comment