Diam tak Berdaya Hadapi Proyek Rp2,7 Triliun Bermasalah, Jaksa dan KPK Diminta Periksa Anggota DPRDSU

DPRD Sumut tak berdaya menghadapi proyek Rp2,7 triliun yang bermasalah. Hanya segelintir anggota dewan dari 100 orang yang berani angkat bicara.

topmetro.news – DPRD Sumut tak berdaya menghadapi proyek Rp2,7 triliun yang bermasalah. Hanya segelintir anggota dewan dari 100 orang yang berani angkat bicara.

Padahal proyek tanpa payung hukum tersebut kini menjadi perhatian publik hingga meluas ke Jakarta.

Ketua Umum Masyarakat Garuda Sumatera Utara (Margasu) Hasanul Arifin Rambe SPd SH mengatakan, proyek Rp2,7 triliun bermasalah. Sehingga harus diusut tuntas karena dugaan suap dan korupsinya.

“Jaksa dan KPK harus turun memeriksa 100 anggota DPRD Sumut itu. Kenapa mereka diam? Kan ada fungsi pengawasannya. Apakah sudah aman atau cari aman. Nanti pasti ketahuan siapa saja yang sudah aman atau yang mencari aman, jika diperiksa jaksa atau KPK,” ungkap Hasanul Arifin Rambe, Selasa (31/5/2023) .

Proyek Konflik

Proyek multiyears rancang bangun jalan dan jembatan Sumatera Utara senilai Rp2,7 triliun yang bermasalah tanpa payung hukum itu telah memicu kegaduhan sosial dan konflik di tengah masyarakat Sumut.

Mulai putus kontrak, subkon gagal bayar, dan pembebasan tugas Kepala Dinas PUPR Bambang Pardede. Semua menjadi bukti proyek multiyears itu bermasalah dan tidak ada tertulis dalam APBD Sumut 2022.

Hanya bernodalkan MoU Gubsu Edy Rahmayadi dengan dua pimpinan DPRD Sumut Baskami Ginting dan Rahmansyah Sibarani.

“Aneh memang DPRD Sumut tidak bulat suaranya mengawasi proyek bermasalah itu. Apa sudah ada bagian yang didapat oleh para anggota dewan itu dari Rp2,7 triliun, sehingga fungsi pengawasan mereka hilang? Jika ada terima, jaksa dan KPK bisa periksa mereka semua. Biar terungkap siapa saja yang mendapat bagian dan siapa pula yang menolak bagian,” tegas Hasanul Rambe.

Margasu, kata Hasanul, akan melakukan aksi damai di depan Gedung DPRD Sumut untuk mendukung jaksa dan KPK memeriksa 100 wakil rakyat Sumatera Utara tersebut.

“Dalam waktu dekat ini kita akan melakukan aksi damai di rumah rakyat itu. Kita mau tahu siapa saja wakil rakyat Sumut itu yang menerima aksi kita. Kita juga melayangkan surat pemberitahuan aksi ke jaksa dan KPK, agar mengetahui aksi yang kita lakukan untuk mendukung pengungkapan kasus adanya dugaan suap dan korupsi pada proyek Rp2,7 trilun yang bermasalah itu,” kata Hasanul.

Selain 100 anggota DPRD Sumut, kata Hasanul, Margasu juga meminta jaksa dan KPK memeriksa 17 orang yang terlibat langsung dengan proyek Rp2,7 triliun bermasalah tersebut.

“Kan sudah ada laporan 17 nama orang yang terlibat dalam proyek bermasalah itu ke KPK. Segerakan pemeriksaan mereka semua. Masyarakat Sumut meminta kepastian hukum dari proyek Rp2,7 triliun yang bermasalah itu,” tandas Hanasul Arifin Rambe.

penulis | Erris JN

Related posts

Leave a Comment