Wabup Asahan: Melalui Penas, Kesejahteraan Petani dan Nelayan Meningkat

Wabup Asahan: Melalui Penas, Kesejahteraan Petani dan Nelayan Meningkat

topmetro.news – Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin SSos MSi didampingi Asisten II Ir Oktoni dan Kadis Pertanian Ir Hazairin menghadiri Pekan Nasional Tani Nelayan (Penas) XVI di Lapangan Lanud Sultan Syahril Padang-Sumatera Barat.

Berbagai pertunjukan tersaji, seperti tarian kolosal, pameran pembangunan pertanian, expo aquaculture, expo agroforestry, expo peternakan, temu teknologi, temu agribisnis. Turut hadir 53.000 peserta, termasuk Gubernur, Bupati, Walikota dan pejabat lainnya.

Menteri Pertanian, Yasin Limpo mengatakan kegiatan ini merupakan wadah petani dan nelayan. Menghadiri kegiatan ini memang sudah saya tunggu, saya ingin bertemu dengan petani dan nelayan se Indonesia.

Penuhi Kebutuhan

“Petani dan nelayan sangat berjasa dalam memenuhi kebutuhan pokok masyarakat setiap harinya. Kalau tidak ada petani dan nelayan kita mau makan nasi, sayur dan lauk apa. Kegiatan ini diharapkan benar-benar dimanfaatkan demi peningkatan kualitas pertanian dan perikanan demi kesejahteraan petani dan nelayan,” kata Yasin.

Usai mengikuti acara, Wakil Bupati Asahan di Kisaran, Minggu (11/6/2023) mengatakan bersyukur dapat menghadiri Penas tahun ini. Kegiatan ini merupakan ajang pertemuan para petani dan nelayan dengan agenda konsolidasi antar petani dan nelayan, pengembangan diri, berbagi informasi, apresiasi, kemitraan dan promosi hasil pertanian, hingga membahas potensi perikanan dan kehutanan.

Melalui Penas, nelayan dan petani bisa saling mengisi dalam upaya memperkuat kepemimpinan agribisnis di tingkat petani nelayan. Melalui Penas ini dapat meningkatkan motivasi dan kegairahan petani nelayan dan masyarakat pelaku agribisnis dalam pembangunan sistem dan juga usaha agribisnis yang berdaya saing, berkerakyatan, berkelanjutan melalui kemitraan yang saling menguntungkan.

“Pemkab Asahan siap mendukung program Pemerintah dalam mewujudkan pertanian yang maju, mandiri dan juga modern,” kata Taufik.

Penulis : EN

Related posts

Leave a Comment