Muskab Perdana ‘KORMI’ Batubara Berjalan Sukses, Bahar Siagian Didoakan Jadi Pj Bupati

Muskab KORMI Batubara yang pertama kali berlangsung di Aula Kantor Bupati Batubara Jalan Perintis Kemerdekaan, Kelurahan Limapuluh, Kecamatan Limapuluh, Sabtu (17/6/2023).

topmetro.news – ‘Diam-diam menggetarkan’. Begitulah mungkin ungkapan yang pas atas suksesnya Musyawarah Kabupaten (Muskab) Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) Batubara yang pertama kali terlaksana. Muskab itu berlangsung di Aula Kantor Bupati Batubara Jalan Perintis Kemerdekaan, Kelurahan Limapuluh, Kecamatan Limapuluh, Sabtu (17/6/2023).

Musyawarah yang berlangsung selama lebih kurang lebih 2 jam itu melahirkan ketua terpilih secara aklamasi, yaitu Yusriadi Sitorus alias Ucok Torus. Sebagaimana sejak awal sebelum muskab, Ucok Torus ternyata merupakan pemegang mandat dari pengurus KORMI Sumut.

Keberhasilan Ucok Torus tidak terlepas dari kerjasama serta bantuan beberapa pengcab induk olahraga (inorga) yang tergabung dalam KORMI Batubara.

Ungkap Ucok Torus, bahwa ia sering berkoordinasi dengan masing-masing pengcab inorga yang aktif. Kemudian sepakat mempercayakan Mukhtizal Arif MPd sebagai Ketua Panitia Muskab ke-1 KORMI Batubara.

Dalam laporannya Arif sapaan sehari-hari Ketua KNPI ini mengungkapkan bahwa sejatinya ada 84 inorga benaung di bawah KORMI, sesuai format kepengurusan pusat. Namun karena di kabupaten itu baru pertama sekali KORMI terbentuk dan belum banyak pengcab inorga aktif, maka yang mendaftarkan diri sebagai peserta baru 8 saja.

Pj Bupati

Lebih lanjut di sela-sela penyampaian laporannya, Arif pun tak luput mendoakan agar Ketua Pengurus KORMI Sumut Baharuddin Siagian kelak akan menjadi Pj (Pejabat) Bupati Batubara,.

Yusriadi Sitorus atau Ucok Torus juga menyampaikan hal senada. Dalam kata sambutannya selaku pemegang mandat muskab sekaligus ketua terpilih KORMI Batubara yang pertama secara aklamasi, memanjatkan doa kiranya Baharuddin Siagian menjadi Pj Bupati Batubara. Bahkan kalau bisa berlanjut menjadi calon wakil gubernur. Hal itu mengingat Bahar adalah salahsatu putra terbaik Sumut yang lahir dan besar di Kabupaten Batubara.

Soal kepengurusan KORMI Batubara, Ucok pun bertekad akan berusaha semaksimal mungkin untuk memajukan serta membesarkannya.

“Target kami adalah bagaimana ke depan inorga yang seluruhnya ada berjumlah 84 itu, kepengurusannya bisa dibentuk di Kabupaten Batubara. Kami akan bekerja keras untuk menyemarakan dan menghidupkan olahraga masyarakat ini. Olahraga ini juga harus benar-benar sesuai tagline KORMI. Yakni ‘Sehat Bugar Gembira’, tapi bisa pula melahirkan olahragawan dan olahragawati berprestasi,” ujarnya.

Sejarah KORMI

Sementara itu setelah Kadis Parpora Batubara Sapri Moesa mewakili Bupati Ir H Zahir MAP menyampaikan pidatonya, selanjutnya Ketua KORMI Sumut Baharuddin Siagian mengungkap rasa bahagianya atas terbentuknya Pengurus KORMI di daerah kampung halamannya. Menurut Bahar, semua agenda dari mulai perencanaan sampai terlaksananya kegiatan musyawarah berjalan dengan lancar dan sukses.

“KORMI ini awalnya bernama FORMI. Lalu berubah menjadi KORMI adalah singkatan dari Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia. Tapi kemudian berubah lagi menjadi Komite Olahraga Masyarakat Indonesia dengan singkatan yang sama yaitu KORMI,” sebut Bahar menjelaskan.

Sebelum mengakhiri pidatonya, Bahar yang juga Kadispora Sumut itu menyelingi kata sambutannya dengan berseloroh. Ia mengaku bertanya-tanya dalam hati, kenapa tak satu pun baik Mukhrizal Arif ataupun Yusriadi Sitorus yang mendoakannya menjadi Bupati. Kayaknya cuma membatasi dirinya jadi Pj Bupati Batubara ataupun calon wakil gubernur saja.

“Memang saya bahagia dan senang didoakan, tapi sepertinya doanya macam sudah diformat dan nampaknya sengaja membatasi saya hanya sebagai Pj Bupati dan juga calon wakil gubernur saja. Ini kan tanda tanya. Padahal kita belum pasti. Mana tahu kalau sudah jadi pj bisa keterusan jadi Bupati. Memang saya harus jadi calon dulu. Tapi tenang dan jangan khawatir. Karena kemungkinan saya bukan calon Bupati Batubara. Tapi calon Bupati di daerah lain,” ucap Bahar diiringi tawa bersama serta applaus semua hadirin.

reporter | Bimais Pasaribu

Related posts

Leave a Comment