Lapas Tanjung Gusta Tampung 25 Napi Asal Pekanbaru

TOPMETRO.NEWS – Sebanyak 25 napi Lapas Klas I A Pekanbaru dipindahkan ke Lapas Klas I Tanjung Gusta Medan. Alasan pemindahan tersebut dikarenakan, Lapas Klas II A Pekanbaru sudah overkapasitas dan dari aspek keamanan Lapas Klas I Tanjung Gusta Medan dinilai lebih baik.

Pemindahan itu menggunakan mobil tahanan Kejari Pekanbaru dengan pengawalan petugas kepolisian.

mengatakan, pemindahan napi tersebut dikarenakan Lapas Klas II A Pekanbaru sudah overkapasitas dan dari aspek keamanan Lapas Klas I Tanjung Gusta Medan dinilai lebih baik.

“Itu jumlah napinya ada 25 orang dari Pekanbaru. Dirjen Lapas langsung mengalokasikan para napi ini ke Sumut karena dianggap masih bisa menghandle keamanan. Mereka tiba Selasa sore,” ungkap Humas Kantor Wilayah Kemenkumham Sumatera Utara, Josua Ginting, Jumat (14/7).

Menurut Josua, kondisi para napi yang dipindahkan tersebut dalam keadaan sehat. Para napi itu terdiri dari berbagai kasus hukum, dan saat ini ditempatkan di sel mapenaling (kamar masa pengenalan lingkungan).

“Sesuai SOP, napi saat ini masih kita tempatkan di Mapenaling. Nanti mereka digabung setelah seminggu atau sebulan kemudian. Artinya setelah itu mereka baru bisa berbaur dengan napi lainnya. Belum tahu sampai kapan ditempatkan di Lapas I Tanjung Gusta,” beber Josua, sembari mengatakan seluruh biaya pemindahan napi sepenuhnya ditanggung oleh pihak Lapas Klas II A Pekanbaru.(TMN)

Related posts

Leave a Comment