Ditjen Perbendaharaan Provsu-Pemkab Asahan Tandatangani Nota Kesepakatan

Ditjen Perbendaharaan Provsu dan Pemkab Asahan Tandatangani Nota Kesepakatan

topmetro.news – Dalam rangka percepatan pelaksanaan program, untuk mewujudkan belanja pemerintah yang lebih berkualitas (spending better) dan mendukung pemulihan ekonomi nasional, Pemkab Asahan dan Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provsu melakukan penandatanganan nota kesepakatan di Aula Mawar Kantor Bupati Asahan, Kamis (22/6/2023).

Turut hadir Bupati Asahan, Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Provsu, KPPN Tanjung Balai, Sekda Asahan, OPD dan undangan lainnya.

Bupati Asahan H Surya BSc menyampaikan tujuan nota kesepahaman ini untuk membentuk wadah sebagai sarana komunikasi, koordinasi dan pendampingan. Dalam rangka peningkatan kualitas pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah. Dengan memperhatikan prinsip kesetaraan, kerjasama, kemanfaatan bersama dan keterbukaan informasi.

“Pemkab Asahan menyambut baik inisiatif Kementerian Keuangan dalam nota kesepahaman ini. Keuntungan yang bisa kita peroleh berupa prinsip kesetaraan, kerja sama, kemanfaatan bersama, dan keterbukaan informasi yang akhirnya dapat meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan,” kata Bupati

Lebih lanjut, Bupati mengatakan terkait penyaluran Dana Transfer dan Dana Desa yang penyalurannya melalui Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Tanjung Balai telah banyak membantu Pemkab Asahan. Penyaluran tidak banyak menemui hambatan serta bimbingannya secara teknis terkait penyampaian syarat penyaluran dana TKDD.

Kakanwil Ditjen Provsu, Syaiful mengapresiasi Pemkab Asahan yang telah mendapatkan WTP 6 kali berturut turut. Ini menunjukan pengelolaan keuangan sudah baik.  Harapannya WTP terus di pertahankan.

Syaiful mengatakan, nota kesepakatan ini dalam rangka menuju kesetaraan, berkontribusi serta memberikan masukan dan saran. Kami siap membantu Pemkab Asahan dalam memberikan pendampingan dan juga pemahaman terkait perbendaharaan.

Kegiatan berakhir dengan penandatanganan komitmen pelaksanaan anggaran tahun 2023 Bupati Asahan, Kakanwil Direktorat Jenderal Provsu, Kepala KPPN Tanjung Balai dan juga OPD terkait.

Penulis : EN

Related posts

Leave a Comment