Bupati Asahan Ajak Masyarakat Awasi Pembangunan Menara Masjid Agung H Achmad Bakrie

Bupati Asahan Ajak Masyarakat Awasi Pembangunan Menara Masjid Agung H Achmad Bakrie

topmetro.news – Bupati Asahan H SuryanBSc dan Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin SSos MSi meletakkan batu pertama pembangunan Menara Masjid Agung H Achmad Bakrie Kisaran, Rabu (28/6/2023).

Turut hadir Kajari Asahan, Kapolres Asahan, Ketua PN Kisaran, Dandim 0208 Asahan, Sekda, Asisten, OPD, Ketua MUI, Ketua Etnis, OKP dan juga undangan lainnya.

Kadis PUTR Asahan, Agus Jaka Putra Ginting SH menyampaikan tujuan pembangunan menara. Sebagai perwujudan visi misi Pemkab Asahan sejahtera, religius dan berkarakter. Implementasi dari beberapa program prioritas di antaranya Asahan Religius, Asahan go wisata serta program infrastruktur kuat.

Bupati mengatakan pembangunan menara  dalam rangka proses pengembangan dan penataan landscape masjid yang tahapan pembangunannya mulai tahun 2011 dan resmi tahun 2019. Sampai saat ini, komplek Masjid Agung telah memiliki beberapa komponen bangunan utama. Yaitu Gedung Masjid, Miniatur Kabah, Gedung Tahfidz dan Menara setinggi 99 meter.

Mulainya pembangunan Menara hingga selesai nanti, diharapkan Pemerintah dan masayarakat akan menerima manfaat dan keuntungan dari beberapa aspek. Yaitu, aspek estetika (memperindah), aspek ekonomi (menambah PAD) serta meningkatkan promosi produk UMKM melalui penjualan marchendise/souvenir wisata religi.

Aspek sosial (objek wisata religi baru) yang ingin melihat pemandangan Kota Kisaran dari ketinggian 99 meter serta aspek pendidikan. Yaitu akan dibangun sebuah museum dan perpustakaan yang akan menampilkan sejarah perkembangan dan penyebaran Agama Islam di Asahan.

Bupati berharap masyarakat mengawasi pembangunan menara, sehingga menara memiliki kualitas yang baik dan akan menjadi salah satu icon Asahan.

Penulis : EN

Related posts

Leave a Comment