Nawal Lantik Pengurus Daerah GPMB Asahan, Labura dan Padanglawas

Nawal Lantik Pengurus Daerah GPMB Asahan, Labura dan Padanglawas (2)

topmetro.news – Ketua Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Sumatera Utara (Sumut) Nawal Lubis mengajak Pengurus GPMB Kabupaten/Kota se-Sumut untuk terus mengkampanyekan program berkelanjutan gemar membaca di masyarakat. Melalui pembentukan Satgas GPMB hingga tingkat kecamatan dan desa.

“GPMB sebagai mitra pemerintah memiliki tanggung jawab mendorong semangat berliterasi di masyarakat hingga ke polosok desa,” kata Nawal Lubis, usai melantik PD GPMB Kabupten Asahan, Labuhanbatu Utara (Labura) dan Kabupaten Padanglawas (Palas) periode 2023-2027 yang juga dirangkai dengan Rakor GPMB Sumut dan pelantikan relawan literasi Sumut di Ballroom Sudirman Hotel Le Polonia Medan, Jalan Sudirman Nomor 14 Medan, Selasa (11/7/2023).

Turut hadir Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpusnas Adin Bondar, Ketua Umum GPMB Pusat Tjahyo Suprayogo. Lalu Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Sumut Dwi Endah Purwanti, Kepala Balai Bahasa Sumut Hidayat Widiyanto. Selanjutnya Direktur Keuangan dan Teknologi Informasi PT Bank Sumut Arieta Aryanti.

Menurut Nawal, di era teknologi dan informasi yang begitu cepat, masyarakat perlu berbekal berbagai ilmu pengetahuan, kecakapan diri dan kompetensi. Sehingga literasi sangat perlu agar tidak tergilas oleh perubahan yang terjadi.

“Dengan literasi kita bisa menambah banyak ilmu pengetahuan, wawasan, keterampilan, meningkatkan kemampuan berbahasa verbal dan tulisan. Jadi minat baca ini berpengaruh kepada kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) suatu daerah untuk meraih kesuksesan,” jelas Nawal Lubis.

Selain itu, saat ini telah terbentuk enam PD GPMB  Kabupaten/Kota se-Sumut. Yakni GPMB Kabupaten Batubara, Tapanuli Selatan, Kabupaten Serdangbedagai, Nias Utara dan Kabupaten Simalungun.

“Hari ini kita menambah tiga kepengurusan GPMB di Sumut. Saya berharap semangat berliterasi benar-benar hadir dan berkembang di seluruh pelosok Sumut. Hingga SDM kita bisa lebih baik lagi,” harap Nawal Lubis.

Pada kesempatan tersebut juga, Nawal Lubis menerima bantuan CSR dari PT Bank Sumut. Yaitu berupa 10 unit gerobak baca yang diserahkan Direktur Keuangan dan Teknologi Informasi PT Bank Sumut Arieta Aryanti untuk didistribusikan ke Kabupaten Asahan, Labuhanbatu Utara, Padanglawas, Simalungun, Pematangsiantar, Nias Barat, Nias Selatan dan Dinas Perpustakaan dan Arsip Sumut.

Ketua GPMB Pusat  Tjahyo Suprayogo mengatakan, daerah atau negara yang maju dapat dipastikan minat baca masyarakat tinggi. Karena itu ketua beserta seluruh pengurus GPMB Sumut harus benar-benar bisa berinovasi. Juga berkreasi untuk dapat mewujudkan visi misi pembentukan GPMB.

“Saya melihat geliat sense of belonging GPMB Provinsi dan Kabupaten/ Kota untuk memajukan litetasi di Sumut. Saya sangat apresiasi kerja sama perpustakaan, GPMB Kabupaten/Kota dan penggiat literasi melahirkan minat baca di kalangan masyarakat,” katanya.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Sumut Dwi Endah Purwanti mengatakan, pelantikan PD GPMB Kabupaten/Kota bisa meningkatkan minat baca masyarakat di Sumut sejak dini. Serta berharap kolaborasi perpustakaan dan kepengurusan GPMB Sumut dan Kabupaten/Kota bisa terus berjalan untuk mengembangkan literasi di Sumut.

Adapun nama pengurus GPMB yang dilantik untuk kepengurusan 2023-2027 yakni GPMB Kabupaten Asahan, Ketua Titiek Sugiharti, Sekretaris Nurasyah Harahap, Bendahara Yusnizar. GPMB Kabupaten Labuhanbatu Utara, Ketua Rama Dhona Sihombing, Sekretaris Siti Mahanim, Bendahara Hasyim dan GPMB Kabupaten Padanglawas, Ketua Ema Nurul Zarwati, Sekretari Nelly Suryani Hasibuan, Bendahara M Faisal Amrin Siregar.

penulis: Erris

Related posts

Leave a Comment