Pamit kepada Gubsu, Irjen RZ Panca Putra Simanjuntak Titip Sumut kepada Kapolda Baru

Kapolda Sumut Irjen RZ Panca Putra Simanjuntak pamit kepada Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, setelah dimutasi menjadi Pati Lemdiklat Polri.

topmetro.news – Kapolda Sumut Irjen RZ Panca Putra Simanjuntak pamit kepada Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, setelah dimutasi menjadi Pati Lemdiklat Polri.

“Saya tadi menghadap sekaligus pamit mengucapkan terima kasih kepada Pak Gubsu Edy Rahmayadi dan masyarakat Sumatera Utara, yang bekerjasama membangun Sumut Bermartabat lebih baik,” ujar Panca kepada wartawan usai bertemu Edy Rahmayadi di Lantai 10 Kantor Gubsu, Senin (17/7/2023).

Panca menyebut, selama menjabat kurang lebih dua tahun, empat bulan ia bersama Forkompinda dan masyarakat membangun Sumut lebih baik lagi. Sejak menjabat Kapoldasu, katanya, masih ia ingat masa-masa sulit beberapa tahun lalu dan melewati secara bersama-sama. Baik itu masalah kondisi kesehatan masyarakat maupun pertumbuhan ekonomi, akibat pandemi-Covid-19.

“Masyarakat Sumut saling bahu-membahu dengan pemerintah serta stakeholder. Termasuk media ikut membangun secara bersama-sama untuk pemulihan yang lebih baik lagi,” kenang Panca bercerita.

Tidak itu saja, kata Panca, di sisi lain juga pihaknya sudah melakukan kerjasama yang sangat baik dalam even internasional. Di mana Sumatera Utara sudah bisa menunjukan ke arah yang lebih baik lagi di Indonesia ini. Dan terbukti banyak kemajuan yang sangat signifikan dalam pembangunan, termasuk soal ekonomi dan infrastruktur serta pengaman ketika Presiden RI datang ke Sumut.

“Saya titip pesan. Pelayanan Poldasu memang belum sempurna. Tetapi kami akan melakukan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat Sumatera Utara. Semua masalah kita atasi secara bersama-sama. Polisi tidak ada yang hebat. Pemerintah tidak bisa bekerja sendiri. Maka selama kepemimpinan saya, semua dibangun secara bersama dengan stakeholder dan komponen masyarakat. Termasuk menjadikan pers mitra strategis,” ujar Panca.

Kapoldasu Baru

Di tempat yang sama, Panca juga berpesan kepada Kapoldasu yang baru, Irjen Agung Setya Imam Effendi, bisa berkolaborasi dengan masyarakat.

Pada kesempatan itu juga, Panca mengucapkan permohonan maafnya kepada masyarakat yang belum memenuhi ekspetasi karena ia juga merupakan manusia biasa.

Demikian juga, Panca mengucapkan terima kasih setinggi-tingginya kepada seluruh masyarakat, pemda, TNI/Polri dan masyarakat yang selama ini bekerjasama untuk menuju Polri Presisi, khususnya di Provinsi Sumut yang bermartabat.

“Saya selaku Kapolda Sumut mengucapkan terima kasih setinggi-tingginya kepada seluruh masyarakat, pemda, TNI/Polri dan masyarakat yang selama ini bekerjasama untuk menuju Polri Presisi khususnya di Provinsi Sumut,” jelasnya.

Dalam momen ini, Panca turut mengucapkan permohonan maaf kepada seluruh masyarakat Sumut jika pelayanan polisi kepada masyarakat belum maksimal. Namun, Panca mengaku pihaknya akan terus memperbaikinya.

Jabatan Baru

Sebagaimana berita sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan rotasi di jajaran Polri. Salah satunya adalah jabatan Kapolda Sumut. Posisi Kapolda Sumut bakal diemban oleh Irjen Agung Setya Imam Effendi yang saat ini menjabat Asops Kapolri.

Keputusan tersebut tertuang dalam Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/1394/VI/KEP./2023 tanggal 24 Juni 2023 seperti dilihat detikcom, Senin (26/6/2023), ditandatangani As SDM Polri Irjen Dedi Prasetyo.

“Irjen Pol Drs R Z Panca Putra Kapolda Sumut dimutasikan sebagai Pati Lemdiklat Polri (persiapan penugasan luar struktur),” demikian isi TR tersebut.

penulis | Erris JN

Related posts

Leave a Comment