Gubsu Silaturahmi dan Serahkan Bantuan OPD kepada Plt Bupati Langkat

topmetro.news – Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi dan Plt. Bupati Langkat Syah Afandin bersilaturahmi bersama Forkopimda dengan masyarakat Kabupaten Langkat. Bertempat di Jentera Malay Rumah dinas Bupati Langkat, Selasa (18/7/2023).

Syah Afandin mengatakan pihaknya merasa berbesar hati atas kehadiran Gubernur. Semoga kebersamaan dalam silaturrahmi ini akan terus semakin menguat.

“Harapan saya, silaturrahmi yang dilakukan hari ini dapat terus kita rawat dan jaga. Bagi kebaikan kita bersama dalam menyikapi berbagai permasalahan yang terjadi. Untuk dapat mengantisipasi dan mencari jalan keluarnya berbekal informasi dan masukan yang kita dapatkan,” ujarnya.

Afandin juga menyampaikan atas nama seluruh masyarakat menyampaikan terimakasih atas bantuan terhadap beberapa kegiatan yang di laksanakan masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi Sumut.

Yakni bantuan dari Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Sumut.  Berupa pemberian bantuan sambungan listrik bagi masyarakat miskin sebanyak 250 KK yang tersebar pada 9 Kecamatan di Kabupaten Langkat.

Peresmian pompa air PLTS untuk pertanian di Desa Gunung Tinggi Kecamatan Sirapit.

Kemudian, Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Sumatera Utara. Yaitu berupa pemberian asuransi jiwa bagi para nelayan di Kabupaten Langkat sebanyak 575 orang.

Selanjutnya, dari Badan Kesbangpol Provinsi Sumut berupa pemberian bantuan sembako sebanyak 800 paket.

“Sekali lagi atas perhatian dan bantuan saya ucapkan banyak terimakasih. Semoga silaturrahmi ini akan menjadi dasar kita semua untuk terus berdiri bersama,” ucapnya.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Utara menjelaskan bahwa banyak masyarakat Kabupaten Langkat telah berangkat ke luar negeri. Salah satunya menunaikan Ibadah Haji ke Mekkah karena Langkat sangat identik dengan agama Islam.

Selain itu, jumlah serta persentase usia lansia penduduk dan status sosialnya di wilayah Kabupaten Langkat sangat meningkat signifikan. Maka Pelayanan Posyandu dan KB digunakan sebagai sarana untuk menekan lonjakan jumlah penduduk.

Kekayaan Langkat

“Dan ada juga Plus Minus Kabupaten Langkat merupakan wilayah yang kaya raya. Karena sebagai penghasil minyak mentah pada Zaman Belanda,” terangnya.

Gubsu menjelaskan,  perkiraan uang yang beredar di Provinsi Sumut sebagai penggerak perekonomian terdiri dari Kredit Rp248 Triliun, Investasi Rp41 Triliun, APBD Rp 60 Triliun, Konsumsi Masyarakat Rp 205 Triliun dengan Total Rp 552 Triliun. APBD berfungsi sebagai Stimulus perekonomian daerah untuk menggerakkan perekonomian selain gaji Pegawai juga ada belanja program Sektor Rill sepertik Sektor Pertanian, UMKM, Industri dan Belanja Modal Infrastruktur APBD juga di gunakan untuk memberikan Belanja Sosial (BLT) yang akan meningkatkan konsumsi masyarakat,” jelasnya.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Kabag OPS Binda Sumut Kolonel Joni Marpaung, Kapolda Sumut diwakili Dir Pam OVIT Kombes Pol B. Imade Eka Putra SIK, Pangdam I/BB diwakili Staf Ahli Sosial dan Budaya Kolonel Inf Viktor Tampubolon, Danlantamal I diwakili Asrena Lantamal I Kolonel Laut (S) Agus Prianto, Dannyon Marhanlan I Belawan Mayor Mar Irwan Habidin MTr Opsla CBEI, Dan Lanud Medan diwakili Kadis Pers Lanud Soewondo Medan Letkol Adm Hendra Kurniawan SE MHan, Dandim 0203/LKT Letkol Inf Eko Prasetyo, Kapolres Langkat AKBP Faisal Rahmad Husain Simatupang SIK SH MH, Kajari Langkat Mei Abeto Harahap SH MH, Sekda Langkat Amril SSos MAP, Ketua PN I B Stabat diwakili Kabag Umum dan Keuangan Suhendra, Kepala perangkat Daerah, Camat se-Kabupaten Langkat dan Tokoh Masyarakat.

reporter | Rudy Hartono

Related posts

Leave a Comment