Sekda Asahan Buka Penyusunan SKJ

Sekda Asahan Buka Penyusunan SKJ

topmetro.news – Sekda Asahan Drs John Hardi Nasution MSi membuka kegiatan penyusunan Standar Kompetensi Jabatan (SKJ) di Aula Melati Kantor Bupati Asahan, Jumat (28/7/2023).

Kabag Orta Alber Butar Butar SH mengatakan kegiatan ini sesuai UU No 5 tahun 2014 tentang ASN, PP No 11 tahun 2017 tentang manajemen PNS, Permenpan-RB No 38 tahun 2017 tentang standar kompetensi jabatan ASN dan surat Sekda Asahan No 000.8/3297/VII/2023.

Tujuan kegiatan ini agar setiap organisasi perangkat daerah dapat menyusun standar kompetensi jabatan PNS. Sehingga harapannya dapat berguna sebagai dasar untuk melakukan berbagai kegiatan yang terkait dengan manajemen ASN.

John Hardi dalam sambutannya mengatakan sesuai Permenpan-RB No 38 tahun 2017 tentang standar kompetensi jabatan ASN, tata kelola paling ideal adalah menerapkan sistem merit. Guna mewujudkan pengelolaan yang berbasis sistem merit ini, kita memerlukan acuan dalam bentuk standar kompetensi untuk jenis jabatan yang meliputi aspek manajeral, teknis dan sosial kultural.

Lebih lanjut John Hardi mengatakan penyusunan standar kompetensi jabatan merupakan perwujudan manajemen ASN dalam kerangka reformasi birokrasi. Sesuai UU No 5 tahun 2014 tentang ASN, pengembangan karier ASN dilakukan berdasarkan kualifikasi kompetensi, penilaian kinerja dan kebutuhan instansi pemerintah serta pengembangan karier PNS dilakukan dengan mempertimbangkan integritas dan moralitas.

Adanya standar kompetensi jabatan yang jelas merupakan upaya untuk mewujudkan ASN yang profesional, yang didukung oleh sistem rekrutmen, mutasi dan promosi aparatur yang berbasis kompetensi, transparansi dan mampu mendorong mobilitas serta pola penempatan tepat. Ini salah satu aspek penting reformasi birokrasi untuk perubahan birokrasi ke arah yang lebih baik.

John Hardi berharap perangkat daerah mampu menyusun standar kompetensi jabatan ASN sesuai manajerial, sosial, dan teknis. Output pekerjaan ini akan digunakan sebagai acuan dalam menerapkan manajemen SDM berbasis kompetensi, agar tercapai profesionalisme aparatur.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Kantor Regional VI BKN Dr Janry Simanungkalit memberikan materi.

Penulis : EN

Related posts

Leave a Comment