Dr Nikson Nababan Harapkan Jurnalis Taput Profesional dan Dukung Pembangunan Melalui Karya Tulis

Bupati Tapanuli Utara Dr Nikson Nababan MSi menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada seluruh peserta lomba karya tulis jurnalis

topmetro.news – Bupati Tapanuli Utara Dr Nikson Nababan MSi menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada seluruh peserta lomba karya tulis jurnalis serta pihak-pihak lainnya yang telah berpartisipasi dan berkontribusi dalam menyusun karya tulis berharga melalui kerja keras, kerja cerdas, dan kerja berkualitas, sehingga dapat menghasilkan juara.

Hal itu disampaikannya pada acara pengumuman dan penyerahan hadiah kepada pemenang Lomba Karya Tulis Jurnalistik Tapanuli Utara, Jumat (4/8/2023), di Sopo Rakyat Rumah Dinas Bupati.

Turut hadir bersama Bupati, Kadis Kominfo Hendrik Taruna Surbakti, para panitia (Jan Piter Simorangkir, Alponso Situmorang, Lamhot Silaban), serta para juri yang diketuai Binhot Aritonang serta Martua Situmorang.

Ada pun tema lomba adalah, ‘Bupati Tapanuli Utara Siapkan Fundamen Pembangunan Daerah yang Berkelanjutan’ dan subtema/topik: Desa Kuat, Kota Maju, Indonesia Berdikari. Dukung SDM Berkualitas ‘Anakkon hi do hamoraon di ahu’.

Ke Lapangan

“Semoga kegiatan positif ini dapat terus meningkat pada penyelenggaraan di tahun-tahun mendatang. Mengingat kegiatan yang kita laksanakan ini merupakan momentum yang dapat kita jadikan sebagi media untuk memberikan ruang dan apresiasi bagi karya-karya jurnalis untuk terus berkarya dan
berdedikasi dalam membangun daerah,” ungkap Bupati

“Saya berharap semua jurnalis yang ada di Kabupaten Tapanuli Utara ke depannya ikut lomba dan mengikuti gerak pembangunan dengan ikut turun ke lapangan, melihat langsung proses pembangunan. Lakukan wawancara dengan masyarakat dan menjelaskan dampak pembangunan kepada masyarakat luas. Marilah kita terus bersinergi untuk membangun Kabupaten Tapanuli Utara. Teruslah berkarya dengan baik dan tulus,” lanjut Bupati

Pilar Penting

“Saya mengakui bahwa peran jurnalis sebagai pilar penting dalam menyampaikan informasi dan membangun kesadaran masyarakat. Subtema ‘Desa Kuat Kota Maju Indonesia Berdikari’ diangkat untuk menjelaskan kepada masyarakat bagaimana pentingnya peran desa sebagai landasan utama
pembangunan dan bagaimana desa yang kuat akan mendorong pertumbuhan kota untuk maju. Saya harap para peserta untuk lebih kreatif lagi dalam menyorot inovasi dan strategi dalam membangun desa yang mandiri dan berdikari,” jelas Nikson Nababan.

“Selanjutnya, subtema ‘Anakhon hi do hamoraon di ahu’ saya harap para jurnalis menyoroti peran penting keluarga dalam membentuk karakter dan masa depan generasi muda, dan sebagai trigger kesejahteraan masyarakat. Mari kita angkat berita akan pentingnya universitas umum negeri di Tapanuli Raya. Akhir kata, saya ucapkan selamat kepada para pemenang dan tetap semangat kepada yang belum menang, teruslah aktif berkarya berkontribusi dalam membangun Tapanuli Utara yang baik melalui tulisan yang berbobot yang berdampak positif untuk pembangunan daerah yang berkelanjutan,” tutup
Bupati.

Peserta Meningkat

Dalam kesempatan sebelumnya, Kadis Komunikasi dan Informatika Taput Hendrik Surbakti menyampaikan laporannya bahwa lomba karya tulis tersebut , diikuti oleh 32 jurnalis yang berdomisili dan bertugas di lingkungan Pemkab Tapanuli Utara. Di mana jumlah peserta meningkat dari 26 orang pada tahun 2022.

“Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara menyelenggarakan Lomba Karya Tulis Jurnalis Tahun 2023 dalam rangka meningkatkan kemitraan dengan media dan insan pers di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara dan mendorong profesionalisme serta kreatifitas para jurnalis,” papar Hendrik Surbakti.

Sedangkan Ketua Panitia Lomba Karya Tulis Jan Piter Simorangkir didampingi para wakil ketua, Lamhot Silaban dan Alfonso Situmorang mengatakan, bahwa pelaksanaan lomba karya tulis dilakukan secara profesional, transparan, dan akuntabel.

“Kami dan dewan juri bersama Dinas Kominfo telah sepakat bekerja secara objektif dan didukung penuh oleh Bapak Bupati. Semoga ke depan para jurnalis lebih profesional dan aktif memberitakan pembangunan di Kabupaten Tapanuli Utara,” paparnya.

Para Juara

Dewan Juri kegiatan ini diketuai oleh Binhot Aritonang, dengan anggota, Hendrik Taruna, Rizal Surya, Tanggapan Tampubolon, Martua Situmorang.

Ada pun pemenang Lomba Karya Tulis Jurnalis Tapanuli Utara Tahun 2022 adalah sebagai berikut:

  • Juara I Marudut Nainggolan ‘Semerbak Bunga di Tapanuli Utara, Siapa Memupuk dan Suburkan’ (Realitas online).
  • Juara II Jansen Simanjuntak ‘Karya Emas Nikson Nababan untuk Pembangunan Tapanuli Utara Berkelanjutan (Sebuah Laporan Jurnalistik) dari topmetro News.
  • Juara III Rinto Anarto Aritonang ‘Sang Inspirator’ dari Antara Sumut.
  • Juara Harapan I Tulus Pauli Sibuea ‘Membangun Tapanuli Utara Berbasis Data Desa Presisi’.
  • Juara Harapan II Emva Wari Chandra Sirait ‘Membangun Tapanuli Utara Melalui Program Desa Mandiri’.
  • Juara Harapan III Gombang Gultom ‘Nikson Nababan Memang Gila’.

reporter | Jansen Simanjuntak

Related posts

Leave a Comment