DPRD Medan Gelar Paripurna Laporan Pansus Ranperda Pengelolaan Barang Milik Daerah

topmetro.news – DPRD Medan menggelar rapat paripurna laporan panitia khusus (pansus) pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Kota Medan tentang Pengelolaan Barang Milik Daerah di ruang paripurna kantor DPRD Medan, Senin (7/8/2023).

Rapat dipimpin Ketua DPRD Medan Hasyim SE didampingi Wakil Ketua H Ihwan Ritonga, Rajudin Sagala, dan T Bahrumsyah serta para anggota DPRD Medan, Sekwan DPRD Medan M Ali Sipahutar bersama Kabag Persidangan Andre Willy Simanjuntak. Hadir juga Walikota Meda M Bobby Afif Nasution, Sekda Wiria Alrahman serta para pimpinan perwakilan OPD Pemko Medan.

Dalam laporan Ketua Pansus, Dhiyaul Hayati disebutkan hasil pembahasan terdapat beberapa pandangan dan saran dari anggota Pansus sebagai bahan pertimbangan untuk penyempurnaan ranperda.

Adapun laporan dan beberapa pandangan itu diantaranya, ranperda yang terdiri dari 594 pasal dan pansus masih membahas sampai 378 dan sisanya 216 pasal lagi belum dibahas. Ranperda dinilai masih banyak yang perlu diperbaharui terkait asset. Banyak asset pemerintah dinilai perlu dievaluasi.

Asset yang tidak bergerak dan tidak digunakan sama sekali 1 lewat dari 5 tahun harus dilihat fungsinya kembali agar bisa bermanfaat bagi mayarakat seluas luasnya. Terkait appraisal dan sensus aset disarankan di buat 5 tahun sekali dan perlu di tekankan pada draft Ranperda tersebut.

Penambahan Pasal

Bahwa pada ranperda perlu penambahan Pasal tentang pengelolaan aset daerah. Dan pada ranperda tersebut juga perlu dibuat Pasal terkait Appraisal.

Untuk itu, pansus masih memerlukan waktu demi penyempurnaan ranperda. Melalui sidang paripurna, pansus memohon untuk dapat memperpanjang masa kerja pansus. Demi terciptanya perda yang lebih berkualitas, berbasis bukti dan dapat diimplementasikan dengan baik.

Adapun anggota DPRD Medan yang bergabung di Pansus Ranperda Pengelolaan Barang Milik Daerah, Dhiyaul Hayati (Ketua), Mulia Syahputra Nasution (Wakil Ketua). Sedangkan para anggota Paul Mei Anton Simanjuntak, Edward Hutabarat, Hendri Duin Sembiring, Dedy Akhsyari Nasution, Dame Duma Sari Hutagalung, Irwansyah, Edi Saputra, Edwin Sugesti Nasution, Mulia Asri Rambe, Afif Abdillah, Ishaq Abrar Tarigan dan Erwin Siahaan.

reporter : Thamrin Samosir

Related posts

Leave a Comment