Pemkab Asahan Raih Anugerah KIP dari KI Provsu

Pemkab Asahan Raih Anugerah KIP dari KI Provsu

topmetro.news Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin SSos MSi menerima penghargaan Anugerah Keterbukaan Informasi Publik (KIP) kategori Kabupaten/Kota informatif yang digelar Komisi Informasi (KI) Provsu di Aula Raja Inal Siregar Kantor Gubsu.

Turut hadir para Kepala Daerah se Sumut, Forkopimda Sumut, Ketua Komisi Informasi Pusat, Ketua Komisi Informasi Sumut, BUMN/BUMD, Ketua DPRD Sumut, Ketua Bawaslu Sumut dan undangan lainnya.

Ketua KI Provsu, Dr Abdul Harris Nasution mengatakan kegiatan ini berlangsung demi mewujudkan badan publik yang terbuka dan inovatif dalam pelayanan informasi guna mewujudkan good government.

“Kami berharap KIP tidak berhenti, tidak cukup pada hal-hal yang sifatnya teknis administratif dan konsep yang prosedural. Namun harus bermanfaat, terimplementasikan pada pelayanan yang ada. KIP harus di miliki seluruh badan publik di Provsu”, kata Dr Harris.

Gubsu dalam sambutannya yang Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemprovsu, Dr H Agus Tripriyono sampaikan mengucapkan terima kasih kepada KI Provsu atas kerja kerasnya dalam melakukan e-monev KIP terhadap seluruh OPD Kabupaten/Kota se Sumut.

“UU KIP di era digitalisasi saat ini memiliki peran penting, mengingat dunia hari ini sudah bersifat terbuka dalam segala hal. Sudah tidak layak sebuah kelembagaan yang bersifat umum ataupun pelayanan publik menutup diri ataupun tidak terbuka. Saya berharap hal tersebut dapat dipedomani seluruh lembaga publik khususnya di Sumut”, kata Tripriyono.

Pemkab Asahan mengapresiasi atas kinerja perangkat daerah terkait penyelenggaraan informasi bagi masyarakat. Terima kasih kepada Diskominfo dan OPD yang telah membuka akses informasi bagi masyarakat. Masyarakat layak dan punya hak untuk mendapatkan informasi. Demikian kata Wabup di Kisaran, Rabu (16/8/2023).

Wabup mengapresiasi KI Provsu yang secara konsisten melakukan monitoring dan juga evaluasi untuk mengukur implementasi KIP di Asahan. Dengan konsep PPID masyarakat bisa mengakses informasi secara online karena hal ini sudah sangat inklusi. Semoga dengan keterbukaan informasi publik, tata kelola pemerintahan akan semakin baik.

Penulis : EN

Related posts

Leave a Comment