Uji Petik Penggunaan Penyertaan Modal Negara, Kementerian BUMN dan PLN Tinjau Lokasi Listrik Desa di Kepulauan Nias

Komitmen pemerintah untuk pemerataan pelayanan dan akses ketenagalistrikan bagi masyarakat daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar), khususnya di Kepulauan Nias melalui dana PMN (Penyertaan Modal Negara), terus berlangsung.

topmetro.news – Komitmen pemerintah untuk pemerataan pelayanan dan akses ketenagalistrikan bagi masyarakat daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar), khususnya di Kepulauan Nias melalui Dana PMN (Penyertaan Modal Negara), terus berlangsung.

Kali ini, Bidang Industri Energi, Minyak, dan Gas Kementerian BUMN bersama General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Utara, dan Manager Unit Pelaksana Proyek Ketenagalistrikan (UP2K) Sumatera Utara melakukan uji petik realisasi salah satu pembangunan listrik desa melalui Dana PMN Tahun 2022, di Desa Samasi, Kecamatan Gunung Sitoli Idanoi, Kepulauan Nias, Sumatera Utara, Kamis (7/9/2023).

Dalam sambutannya, Koordinator Asisten Deputi Bidang Industri Energi, Minyak, dan Gas Kementerian BUMN Luizah menyampaikan, pemerintah melalui PT PLN (Persero) bertugas untuk melistriki seluruh pelosok desa yang ada di Indonesia.

“Atas nama pemerintah, kami mengucapkan selamat menikmati listrik, di mana dalam proses pembangunan jaringan telah menggunakan Dana PMN. Menghadirkan listrik hingga ke pelosok desa menjadi tugas negara. Dengan adanya listrik diharapkan dapat meningkatkan perekonomian hingga kualitas pendidikan yang lebih baik,” ujar Luizah.

Melalui PMN, pemerintah menyuntikkan modal ke Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk memperkuat modal perusahaan. Sekaligus menunjukkan komitmen pemerintah terhadap efisiensi anggaran sekaligus meningkatkan biaya produksi. Diharapkan, PT PLN (Persero) dapat memperkuat perannya sebagai penyedia kelistrikan di Indonesia.

Jaringan Listrik Desa

General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Utara Awaluddin Hafid mengatakan, Bidang Industri Energi, Minyak, dan Gas Kementerian BUMN hadir di Desa Samasi adalah untuk memastikan PLN telah membangun jaringan listrik desa dengan baik. Dalam proses pembangunannya, masyarakat di Desa Samasi juga turut membantu PLN, sehingga proses pembangunan dapat selesai tepat waktu.

“Kementerian BUMN ingin memastikan pembangunan jaringan listrik desa yang dilakukan oleh PLN UID Sumatera Utara telah terbangun dengan baik. Kami juga telah melihat konstruksi jaringan yang telah sangat baik dan sepanjang jaringan tersebut bersih dari pepohonan. Kami juga merasa senang, masyarakat di Desa Samasi turut bahu-membahu membantu PLN dalam proses pembangunan jaringan di desa ini,” pungkas Awaluddin.

Awaluddin juga menambahkan, PLN telah membangun jaringan listrik sepanjang 3.550 kilometer sirkuit jaringan Saluran Udara Tegangan Menengah (SUTM). Kemudian, 3 unit trafo distribusi dengan kapasitas 50 kiloVolt Ampere (kVA). Serta sebanyak 110 pelanggan dapat menikmati listrik PLN selama 24 jam.

Eduard Zamasi salah satu tokoh agama di Desa Samasi mengucapkan terima kasih atas perhatian pemerintah kepada masyarakat di Kepulauan Nias. Juga kepada PLN yang telah membangun jaringan listrik di Desa Samasi.

“Masuknya listrik ke Desa Samasi merupakan cita-cita kami sejak lama. Mewakili masyarakat Desa Samasi, kami mengucapkan terima kasih kepada pemerintah dan PLN telah membantu kami untuk bisa menikmati listrik selama 24 jam,” ungkap Eduard.

PLN juga mengajak masyarakat di Desa Samasi untuk menjaga kebersihan sepanjang jaringan listrik. Sehingga pasokan listrik di Desa Samasi dalam keadaan andal. PLN juga mengimbau agar masyarakat untuk melakukan pembayaran listrik tepat waktu dan waspada dalam menggunakan listrik.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment