Kunker Forkopimda, Pemkab Samosir Berkomitmen Mendukung dan Menyukseskan Pemilu 2024

Bupati Samosir bersama Forkopimda melaksanakan kunjungan kerja di Aula AE. Manihuruk, Rabu (13/9/2023). Pesertanya dari tiga Kecamatan, yaitu, Pangururan, Simanindo, dan Ronggur Nihuta.

topmetro.news – Bupati Samosir bersama Forkopimda melaksanakan kunjungan kerja di Aula AE. Manihuruk, Rabu (13/9/2023). Pesertanya dari tiga Kecamatan, yaitu, Pangururan, Simanindo, dan Ronggur Nihuta.

Hadir para camat, kepala desa/lurah, BPD, kasie pemerintahan. Turut hadir Asisten I Tunggul Sinaga, Kaban Kesbang Pol Dumoch Pandiangan, Komisioner KPU Barita Charles Malau, Ketua Bawaslu Robinson Simarmata.

Kunker dalam rangka membahas isu strategis dan kesiapan Pemkab Samosir menyukseskan Pemilu 2024. Yakni mulai dari kesiapan pengamanan dan penegakan hukum terpadu. Menjaga ketertiban umum menjelang pelaksanaan Pemilu dan isu strategis lainnya.

Bupati Vandiko T Gultom mengatakan, Pemkab Samosir komit memberi fasilitasi dan bantuan kepada KPU dan Bawaslu Samosir. Antara lain menugaskan PNS pada Sekretariat PPK, Panwascam. Melibatkan aparatur/aparat desa pada PPS yang berkedudukan di desa. Serta menyediakan kantor sekretariat.

Juga mengalokasikan anggaran KPU lebih kurang Rp8 milar dan Rp3 miliar untuk Bawaslu. Sebelumnya Pemkab Samosir telah menghibahkan lahan untuk pembangunan kantor KPU seluas 2.275 meterpersegi.

Melalui peran camat, kepala desa dan perangkat desa, Bupati Samosir berharap partisipasi pemilih dapat meningkat dari Pemilu sebelumnya. Juga menjaga keamanan dan ketentraman di kalangan masyarakat.

Untuk meningkatkan partisipasi pemilih, Pemkab Samosir melakukan sosialisasi ke siswa/i tingkat SMA. Sekaligus upaya pendidikan politik bagi pemilih pemula dan akan berlanjut ke masyarakat umum. Dengan tujuan, untuk meningkatkan kesadaran memberikan hak pilih dan menghindari golput.

Bupati Samosir juga mengingatkan seluruh aparatur pemerintah untuk menjaga netralitas. Ia akan melakukan tindakan tegas apabila terjadi pelanggaran atau berpolitik praktis.

Polres, Kejari, Kodim

Sementara Kapolres Samosir Yogie Hardiman mengatakan polres siap mengamankan Pemilu maupun Pilkada 2024, dengan kekuatan 231 personil. Lalu Kajari Samosir Andi Adikawira Putera menyampaikan, untuk kesuksesan Pemilu, mereka menyiapkan Posko Pemilu sebagai sumber informasi.

Selanjutnya Dandim 0210 Saiful Rizal mengatakan, sebagai TNI yang profesional, tetap netral. Tidak berpolitik dan tidak memihak kepada salah satu kontestan dalam Pemilu.

Dalam Pemilu 2024, TNI siap membantu kepolisian, menjaga kekondusifan, dengan mengerahkan 120 personil pada masa kampanye dan masa tenang. Kemudian akan mengerahkan 250 personil pada saat pemungutan suara.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment