Bupati Humbahas Benahi Fasilitas SMP untuk Tingkatkan Mutu Pendidikan

Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE memerintahkan pembenahan fasilitas sekolah-sekolah tingkat SMP yang ada di Kabupaten Humbang Hasundutan

topmetro.news – Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE memerintahkan pembenahan fasilitas sekolah-sekolah tingkat SMP yang ada di Kabupaten Humbang Hasundutan dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan. Hal ini disampaikan pada kunjungan kerja (kunker) bupati ke beberapa sekolah tingkat SMP di Kecamatan Paranginan, Senin (2/10/2023).

Bupati tidak segan-segan menegur bahkan memberi peringatan kepada kepala sekolah dan guru-guru yang mengajar di SMP tersebut jika yang bersangkutan tidak bekerja sesuai tugas dan fungsinya dan tidak menjaga kebersihan dan memelihara fasilitas sekolah.

Dalam pertemuan di beberapa sekolah, Dosmar Banjarnahor SE mengingatkan agar setiap guru harus memberi contoh kepada murid-muridnya, baik secara akademik dan perilaku.

Bupati menekankan beberapa yang perlu diperhatikan antara lain, kebersihan sekolah antara lain ruang kelas, halaman dan kamar mandi. Dalam hal kebersihan, bapak dan ibu guru tidak boleh hanya menyuruh anak seperti pembantu atau budak. Tetapi harus memberikan contoh dan teladan sehingga anak-anak terbiasa dengan kebersihan.

Ditambahkan bahwa generasi muda Humbang Hasundutan harus mampu bersaing dengan daerah lain. “Kita sudah sosialisasikan metode gasing, tetapi tidak cukup hanya itu saja. Tetapi harus dilengkapi dengan fasilitas sekolah seperti penambahan ruang kelas, ruang laboratorium bahkan kamar mandi harus cukup,” katanya.

Kunjungan kerja Bupati Humbang Hasundutan ini dilaksanakan ke SMP Negeri 1 Paranginan, dan SMP Negeri 3 Paranginan. Di sekolah ini sedang berlangsung pembangunan ruang kelas dan kamar mandi serta fasilitas lainnya.

Bupati juga mengingatkan agar para pelaksana pekerjaan untuk mengikuti RAB yang ada dan pengawas diperintahkan untuk mengawasi dengan baik pembangunan gedung-gedung sekolah dan fasilitas lainnya. Dalam kunjungan tersebut Bupati juga memerintahkan Inspektorat untuk melakukan pengecekan item-item yang tidak sesuai spesifikasi.

Turut mendampingi dalam kunjungan kerja ini, Kadis Pendidikan Jonny Gultom, Kadis PUTR Anggiat Simanullang, Camat Paranginan, Parlin Siahaan, ST, Inspektorat dan lainnya.

reporter | S Marihot Pakpahan

Related posts

Leave a Comment