Robi Barus Sebut Proyek Penanaman Pipa Pekerjaan Kemen-PUPR 

Robi Barus Sebut Proyek Penanaman Pipa Pekerjaan Kemen-PUPR 

topmetro.news – Viralnya video kemacetan yang terjadi di Jalan Kapten Sumarsono simpang Jalan Karya sejak Senin (2/10) sore akibat penggalian tanah yang merupakan bagian dari proyek penanaman pipa. Dalam video tersebut, pembuat video tampak menyalahkan Pemko Medan atas proyek yang mengakibatkan kemacetan parah di kawasan tersebut.

Ketua Komisi I DPRD Kota Medan, Robi Barus, menyayangkan narasi dalam video tersebut. Ia menerangkan, bahwa Pemko Medan tidak ada sangkutpautnya dengan proyek penanaman pipa yang menyebabkan kemacetan tersebut.

“Kita harus pahami persoalannya, jangan belum apa-apa sudah menyalahkan duluan. Perlu diketahui bahwa proyek yang menyebabkan kemacetan di Jalan Kapten Sumarsono itu tidak ada kaitannya dengan Pemko Medan,” ucap Robi Barus kepada wartawan, Rabu (4/10).

Ia mengakui, proyek penanaman pipa di Jalan Kapten Sumarsono tersebut bukan merupakan proyek Pemko Medan, melainkan proyek Pemerintah Pusat, dalam hal ini Kementerian PUPR.

“Perlu kita ketahui bahwa proyek tersebut bukan milik Pemko Medan, melainkan Kementerian PUPR. Jadi ketika pekerjaannya menggangu kenyamanan pengendara, kenapa Pemko Medan yang disalahkan,” jelasnya.

Kemudian, Jalan Kapten Sumarsono juga bukan merupakan jalan dengan status jalan kota, melainkan jalan nasional. Dengan begitu, kemacetan di jalan nasional yang karena proyek Pemerintah Pusat jelas bukan merupakan tanggungjawab Pemko Medan.

Meskipun begitu, Pemko Medan melalui Dinas Perhubungan justru menurunkan personelnya untuk mengatur lalulintas ke lokasi. Robi menilai hal ini sebagai bentuk nyata kepedulian Wali Kota Medan, Bobby Nasution kepada warga Kota Medan.

“Kita harusnya berterimakasih kepada Pemko Medan, bukannya justru menyalahkan. Mari biasakan memahami persoalan terlebih dahulu sebelum berkomentar lebih jauh. Saya fikir kritikan itu penting, tapi kita harus berdasar dan bersifat membangun,” tukasnya.

reporter | Thamrin Samosir

Related posts

Leave a Comment