Bupati Samosir Berkantor di Desa Parbalohan dan Desa Pardomuan

Mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, Bupati Samosir Vandiko T Gultom melanjutkan Program Bunga Desa dan berkantor di Desa Parbalohan dan Pardomuan, Selasa (10/10/2023).

topmetro.news – Mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, Bupati Samosir Vandiko T Gultom melanjutkan Program Bunga Desa dan berkantor di Desa Parbalohan dan Pardomuan, Selasa (10/10/2023).

Turut hadir, Staf Ahli Bupati Hut Isasar Simbolon, Kadis Kominfo, Immanuel Sitanggang, pimpinan OPD, Camat Simanindo Hans Rikardo Sidabutar, bersama Forkopicam Simanindo, dan TBPP.

Kehadiran Bupati Samosir disambut tokoh adat dan masyarakat bersama Camat Simanindo, Kades Pardomuan, Kades Parbalohan, diiringi Tortor Kreasi dari anak-anak sekolah. Sebagai bentuk kebanggaan, atas nama masyarkat Desa Pardomuan dan Parbalohan melalui tokoh adat, Atas Situmorang dan Sulaiman Sinaga, memberikan Ulos (mangulosi) Bupati Samosir.

“Apa yang menjadi harapan kami seperti yang disampaikan kepala desa dapat direalisasikan,” ucap Sulaiman Sinaga.

Bupati Samosir menyampaikan bahwa kehadirannya di desa bukan untuk dilayani akan tetapi untuk melayani. “Saya senang bisa berjumpa dengan bapak ibu sekalian, dapat melihat secara langsung keadaan desa dan bertemu dengan masyarakat,” ungkapnya.

Sebelumnya, Kades Pardomuan Lindung Situmorang menyampaikan usulan perbaikan saluran air dari Aek Natonang, tembok penahan SMPN 3, pembukaan jalan usaha tani. Sementara Pj Kades Parbalohan Aristo Herbet Tumanggor menyampaikan usulan peningkatan jalan desa Dusun 3, jalan usaha tani di Dusun 2, pembangunan kantor desa.

Bupati pun menyampaikan bahwa apa yang menjadi keluhan masyarakat telah dicatat dan akan dibahas sehingga nantinya dapat dimasukkan sebagai skala prioritas. “Inilah gunanya Bunga Desa. Bisa mendengarkan langsung keluhan dari masyarakat, melewati birokrasi yang panjang. Sehingga apa yang menjadi kebutuhan masyarakat langsung saya dengar. Apa yang bisa kami eksekusi langsung kami eksekusi,” tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Samosir mengajak pelaku UMKM untuk mengurus surat ijin berusaha guna memudahkan mendapatkan permodalan dari bank. Mengajak masyarakat untuk beralih menggunakan pupuk organik.

“Masyarakat harus mau berlatih dan lambat laun untuk beralih menggunakan pupuk organik cair maupun padat. Dengan kemampuan membuat pupuk organik dapat menghasilkan nilai lebih. Bisa dijual untuk menambah penghasilan. Mari belajar dan jangan malas,” ajak Vandiko.

Soal usulan pembukaan jalan desa dan jalan usaha tani, Bupati Samosir langsung menanggapi dan akan mengerahkan alat berat.

Sebagai bentuk perhatian, untuk Desa Pardomuan, Bupati memberikan tambahan anggaran dari APBD Rp100 juta untuk penataan Desa Wisata Pardomuan. Kemudian Desa Parbalohan juga ada tambahan Rp100 juta untuk peningkatan jalan menuju Dermaga Lumban Nainggolan Dusun 1.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment