Alokasi Dana Desa di Humbahas Tembus Rp1 Triliun

Dana Desa yang sudah dialokasikan di 153 desa di Kabupaten Humbang Hasundutan sejak 2015-2023 tembus Rp1 triliun. Atau tepatnya sebesar Rp1.021.265.088.000.

topmetro.news – Dana Desa yang sudah dialokasikan pada 153 desa di Kabupaten Humbahas (Humbang Hasundutan sejak 2015-2023 tembus Rp1 triliun. Atau tepatnya sebesar Rp1.021.265.088.000.

Pengaloksian dana itu untuk lima bidang. Yakni, penyelenggaraan pemerintahan desa, pelaksanaan pembangunan desa, pembinaan kemasyarakatan, pemberdayaan masyarakat dan penanggulangan bencana darurat dan mendesak. Dana desa itu sangat banyak manfaatnya untuk kesejahteraan masyarakat.

Demikian pernyataan Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE dalam acara sosialisasi optimalisasi peran tugas dan fungsi BPK dan DPR dalam akuntabilitas pengelolaan Dana Desa, Senin (23/10/2023), di Hotel Ayola Doloksanggul.

Hadir dalam sosialisasi itu, anggota DPR RI Sihar PH Sitorus MBA, Ketua DPRD Humbahas Ramses Lumbangaol SH, Kapolres Humbahas AKBP Hary Ardianto SIK, Ketua PN Tarutung Hendra Hutabarat SH, Wakil Bupati Humbahas Dr Oloan Paniaran Nababan SH MH, Kasdim 0210/TU Mayor Arh AS Butarbutar SH, Kepala Subauditorat Sumut 3 Syafruddin Lubis SE Ak, Kasi Intel Kejari Humbahas Gerry Anderson Gultom SH, Sekda Drs Tonny Sihombing, para pimpinan OPD, dan kepala desa se-Kabupaten Humbang Hasundutan.

Bupati Humbahas menjelaskan, pengelolaan dana desa membutuhkan pengawasan. Sehingga pengelolaannya berjalan optimal, efektif, efesien, transparan, dan akuntabel.

Menurutnya, itu bisa terwujud apabila mampu memahami secara benar dalam penggunaannya, baik secara teknis, administratif dan masalah hukumnya.
Terkait dengan Dana Desa di Kabupaten Humbang Hasundutan, saat ini sudah ada perbaikan. Sudah banyak tepat sasaran. Namun demikian, Bupati Humbahas mengharapkan para kepala desa agar membekali diri dan terus meningkatkan kapasitas masing-masing dalam memahami regulasi yang mengatur pengelolaan Dana Desa.`

reporter | S Marihot Pakpahan

Related posts

Leave a Comment