DPRD Langkat Tetapkan 5 Ranperda Masuk dalam Propemperda 2024

topmetro.news – DPRD Kabupaten Langkat tetapkan 5 judul Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) masuk dalam Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda) Kabupaten Langkat tahun 2024.

Penetapan ini melalui Rapat Paripurna DPRD Langkat yang dipimpin Ketua DPRD Langkat Sribana Perangin Angin di dampingi Wakil-Wakil Ketua DPRD Langkat Ralin Sinulingga dan Antoni, Senin (23/10/2023).

Dari 5 judul Ranperda itu, 3 Ranperda merupakan inisiatif DPRD Langkat dan 2 Ranperda berasal dari Pemkab Langkat.

Untuk diketahui, 3 Ranperda inisiatif DPRD itu adalah (1) Ranperda tentang Penyelenggaraan Pendidikan Kesehatan Reproduksi pada Remaja, (2) Ranperda tentang Laboratorium Lingkungan dan (3) Ranperda tentang Zakat, Infaq dan Sedekah.

Sedangkan 2 Ranperda Pemkab Langkat adalah (1) Ranperda tentang Penyelenggaraan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di Kabupaten Langkat dan (2) Ranperda tentang perubahan atas Perda Nomor 2 tahun 2019 tentang Masyarakat Hukum Adat.

Sebelum 5 Ranperda itu ditetapkan, Plt. Bupati Langkat H. Syah Afandin melalui Sekda Amril menjelaskan alasan-alasan pengajuan judul Ranperda dan Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Langkat H. Dedek Pradesa juga menjelaskan secara rinci latar belakang, tujuan, sasaran maupun ruang lingkup judul Ranperda inisiatif DPRD yang masuk dalam Propemperda 2024.

Penetapan Propemperda tahun 2024 ditandai dengan dibacakannya Surat Keputusan DPRD Langkat oleh Sekretaris DPRD Basrah Pardomuan setelah Ketua DPRD Langkat mengetuk palu tanda ditetapkan 5 judul Ranperda masuk dalam Propemperda yang telah disetujui para anggota DPRD Langkat yang hadir.

Ketua DPRD Langkat Sribana Perangin Angin mengingatkan, baik Pemkab Langkat maupun DPRD Langkat untuk mempersiapkan Naskah Akademik dan Draft Ranperda sesuai ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

reporter | Rudy Hartono

Related posts

Leave a Comment