Kakanwil Kemenkumham Sumut Kunker ke Rutan Balige

Kakanwil Kemenkum HAM Sumut Muhammad Jahari Sitepu SH MSi didampingi Kepala Divisi Pemasyarakatan Rudy Fernando Sianturi AMd IP SH MH melakukan kunjungan kerja ke Rutan Balige Kelas II B Jalan Siliwangi No 17, Kecamatan Balige, Toba, Selasa pagi (24/10/2023).

topmetro.news – Kakanwil Kemenkum HAM Sumut Muhammad Jahari Sitepu SH MSi melakukan kunjungan kerja ke Rutan Balige Kelas II B Jalan Siliwangi No 17, Kecamatan Balige, Toba, Selasa pagi (24/10/2023).

Turut mendampingi, Kepala Divisi Pemasyarakatan Rudy Fernando Sianturi AMd IP SH MH.

Kedatangan Kakanwil Jahari bersama rombongan, terlihat disambut hangat Kepala Rutan Kelas II B Balige David Nikolas, didampingi Kepala KPR Edison R Tambunan, beserta seluruh petugas di sana.

Ada pun maksud dari kunker orang nomor ‘wahid’ di Kanwil Sumut itu, dalam rangka konsolidasi penguatan kapasitas dan fungsi aparaturnya. Terlebih dalam pengejawantahan tugas dan tanggungjawab menata rutan dan optimalisasi pembinaan bagi warga binaan.

Sementara kepada awak media, terkait penguatan kapasitas seluruh pegawai/petugas Rutan Kelas II B Balige, Jahari mengatakan, selain penataan rutan yang lebih baik, ia juga menegaskan dan mengimbau, agar seluruh petugas menjauhi narkoba. Serta untuk tidak melakukan pemungutan biaya pelayanan bagi warga binaan.

“Ini adalah agenda pertama kali saya datang ke UPT se-Sumatera Utara. Tadi saya sudah kumpulkan seluruh pegawai, kepala kamar, dan juga kepala rutan. Dan saya tegaskan jangan melakukan pungutan biaya apa pun kepada warga binaan. Dan jauhi diri dari narkoba. Yang ‘ini’, saya tidak main-main,” tegas Jahari.

Selanjutnya, kepada Kepala Rutan Balige yang baru, ia juga berpesan dan berharap agar dapat menjalankan tugas lebih optimal. Tentunya sesuai amanat Menteri Hukum dan HAM RI dan Direktur Jendral Pemasyarakatan.

“InsyaAllah. Dengan kepemimpinan Pak David di sini, saya yakin aman dan kondusif. Sesuai amanat Pak Menteri dan Dirjen Pemasyarakatan, dapat terlaksana dengan baik,” harap pria yang belum genap satu bulan menjabat Kakanwil Sumut itu.

Apresiasi

Terpisah, terkait merespon imbauan Kakanwil Jahari, Karutan Balige, sangat mengapresiasi. Ia pun sepakati dengan dua hal poin penting untuk dilaksanakan demi terwujudnya pelayanan optimal di Rutan Kelas II B Balige.

“Terkait kunker Pak Kakanwil Kemenkumham Sumut, ke Rutan Balige, sangat kita apresiasi. Dan mengenai dua hal yang ditegaskan Beliau tadi, kita sepakat menindaklanjutinya,” pungkas putra berdarah Ambon itu.

Usai melaksanakan agenda penguatan kapasitas dan fungsi pegawai rutan, yang berlanjut memonitor ke setiap kamar warga binaan, Jahari bersama pegawai menikmati hidangan sarapan pagi, Mie Gomak, yang merupakan makanan khas Kota Balige.

Dalam kunkernya, selain mengunjungi Rutan Kelas II B Balige, Jahari juga sekaligus mengunjungi 3 UPT lainnya. Yakni di Tapanuli Utara dan Humbahas.

reporter | Guntur

Related posts

Leave a Comment