Bupati Humbahas Buka Rakor Timpora

Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE yang diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Eliapzan Sihotang membuka Rapat Koordinasi Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) Humbang Hasundutan, Selasa (24/10/2023),

topmetro.news – Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE yang diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Eliapzan Sihotang membuka Rapat Koordinasi Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) Humbang Hasundutan, Selasa (24/10/2023), dihadiri Forkopimda Humbahas dan perwakilan instansi terkait.

Dosmar Banjarnahor dalam sambutannya yang dibacakan Eliapzan Sihotang menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Kemenkum HAM RI dengan kehadiran dari Kantor Imigrasi Kelas II TPI Pematang Siantar.

“Kehadiran warga negara asing maupun investor asing disatu sisi memang dibutuhkan sepanjang membawa manfaat bagi pembangunan dan pengembangan daerah. Namun demikian kita harus tetap mewaspadai dampak negatif yang mungkin timbul dari keberadaan dan kegiatan warga negara asing. Oleh karena itu, keberadaan warga negara asing perlu mendapat perhatian dari semua pihak maka untuk itu perlu koordinasi antar instansi terkait,” katanya.

Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) ini merupakan wadah tempat berbagi informasi sehubungan dengan lalu lintas keberadaan maupun kegiatan orang asing di Indonesia.

Sementara itu dalam laporannya sebagai ketua panitia, Kasi Inteldakim Albert Oloan Pasaribu menyampaikan bahwa pelaksanaan Rakor Timpora bertujuan untuk memperkuat fungsi pengawasan orang asing. Juga untuk mewujudkan pengawasan keimigrasian yang terkoordinasi dan menyeluruh terhadap keberadaan dan kegiatan orang asing di Humbang Hasundutan.

Rakor ini menghadirkan pembicara Kasubsi Izin Tinggal Keimigrasian Permadi Ali Swandono dengan topik ‘Pengaruh Perkawinan Campur Dalam Pemberian Visa dan Izin Tinggal’. Kasubsi Teknologi Keimigrasian M Jackson Bangun SKom MM dengan topik ‘Layanan Kewarganegaraan Bagi Anak Berkewarganegaraan Ganda.

reporter | S Marihot Pakpahan

Related posts

Leave a Comment