GM KB FKPPI Sumut Tanam Mangrove di Medan Labuhan

Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 2023, Pengurus Daerah II GM (Generasi Muda) KB FKPPI Sumut melaksanakan kegiatan penanaman mangrove di Lingkungan IV Kelurahan Nelayan Indah, Medan Labuhan.

topmetro.news – Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 2023, Pengurus Daerah II GM (Generasi Muda) KB FKPPI Sumut melaksanakan kegiatan penanaman mangrove di Lingkungan IV Kelurahan Nelayan Indah, Medan Labuhan.

Kegiatan tersebut dipimpin Ketua PD II GM KB FKPPI Sumatera Utara Dedy Iman SKom dan turut dihadiri perwakilan PD II KB FKPPI Sumut. Juga hadir Lurah Nelayan Indah Hilal Bahri SE, unsur Bhabinktibmas, Babinsa, Babinpotmar. Serta Tim PKK Kelurahan Nelayan Indah.

Ketua PD II GM KB FKPPI Sumut Dedy Iman SKom menyebutkan, penanaman pohon tersebut adalah sebagai upaya generasi muda menjaga Bumi dan ekosistemnya.

“Bahwa daerah ini kita peroleh informasi masih membutuhkan mangrove untuk mencegah erosi dan penggurusan tanggul akibat ombak besar. Sehingga kita pilih dan lakukan di sini. Apalagi ibu PKK-nya ini kader kita. Harus kita dukung,” ungkap Dedy.

Lurah Nelayan Indah Hilal Bahri SE mengapresiasi PD II GM KB FKPPI Sumatera Utara mau berkunjung dan berkomitmen untuk datang lagi. “Saya angkat tangan. Bang Dedy dan kawan-kawan mau datang lagi. Ada yang janji tapi tidak datang lagi,” ungkap Hilal.

Ia mengakuin, Kelurahan Nelayan Indah butuh dukungan dari pihak luar untuk dapat berkolaborasi. “Selama saya menjabat, baru dua organisasi yang datang dan buat penanaman mangrove. Dan FKPPI ini memecahkan rekor dengan penanaman terbanyak di kelurahan ini,” bebernya.

Hilal mengaku, keberadaan mangrove ini sangat penting untuk mencegah erosi dan menggerus tanggul. Nantinya, bila ombak kencang datang, maka pohon mangrove dapat mengantisipasinya.

“Jadi kalau sudah ada mangrovenya, ombak tidak langsung ke tanggul. Tetapi kena ke pohon mangrovenya dan ombaknya tidak terlalu kencang,” tukasnya.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment