Pemkab Langkat Peringati Hari Sumpah Pemuda Ke-94 Tahun 2023

topmetro.news – Pemkab Langkat melaksanakan Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 tahun 2023 di Pendopo Alun Alun T. Amir Hamzah Stabat, Sabtu (28/10/2023).

Selaku Pembina Upacara, Plt Bupati Langkat H. Syah Afandin SH membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga Ario Bimo Nandito Ariotedjo terkait makna tanggal 28 Oktober.

“Kita selalu merayakan peringatan Hari Sumpah Pemuda dan juga momentum tersebut mengingatkan Bangsa Indonesia terhadap sejarah seluruh elemen Pemuda yang berhasil menebar semangat jiwa patriotisme melawan penjajahan. Sekaligus juga menyatukan misi kebangsaan dalam lahirnya Sumpah Pemuda 1928,” ujar Syah Afandin membacakan kata sambutan Menpora.

Sumpah Pemuda melahirkan sebuah komitmen kebangsaan yaitu bertumpah darah satu tanah air Indonesia berbangsa satu bangsa Indonesia dan juga menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 tahun ini mengusung tema “Bersama Majukan Indonesia” tema ini mengajak seluruh elemen bangsa untuk bersatu dan juga berkolaborasi dalam memajukan Indonesia dan Logo Hari Sumpah Pemuda ke-95 berbentuk stilasi barisan manusia yang berwarna-warni menunjukkan keanekaragaman suku, bahasa dan budaya. Heterogenitas tersebut sebagai sumber kekuatan dalam memajukan Indonesia.

“Bahwa sekarang para pemuda-pemudi mendapatkan tempat terhormat di dalam pembangunan nasional,” sebutnya.

Oleh karena itu, sambungnya, setiap pemuda perlu mempunyai visi misi dan juga peran strategis untuk 30 tahun mendatang, agar pembangunan dapat berlari lebih cepat.

“Kita harus canangkan kebulatan tekad semua stakeholder baik kementerian dan juga lembaga pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten/Kota Organisasi Kepemudaan, Komunitas juga elemen-elemen lain,” ungkapnya.

“Marilah kita jadikan momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 ini sebagai momentum membangkitkan semangat kolaborasi dalam memajukan negeri,” ajaknya.

Selanjutnya pemberian piagam penghargaan kepada 10 tokoh pemuda kabupaten langkat yaitu :
1. Hamdi Hidayat SH (Wakil Ketua KNPI Langkat) sebagai Tokoh Peduli Pemuda
2. Muhammad Rifa’i Badawi SPd (KNPI Langkat) Tokoh Peduli Pertanian dan Holtikultura
3. Sahmujar (KNPI Langkat) Tokoh Peduli Pemuda
4. Muhammad Angga Setiawan ( KNPI Langkat ) Tokoh Peduli Olahraga.
5. Zaidurrahman Siregar S.pd (KNPI Langkat ) Tokoh Peduli Pemuda
6. Ahmad (KNPI Langkat) Tokoh Peduli Nelayan
7. Safarudin SpdI (KNPI Langkat) Tokoh Peduli Pendidikan.
8. Ardiansyah Putra Ismail (KNPI Langkat) Tokoh Peduli Ekonomi Kreatif
9. Dian Permatasari STP (KNPI Langkat ) Tokoh Peduli Ekonomi Kreatif
10. Imam Fadilah Tokoh Pemuda Pelopor Pendidikan.

Kemudian Plt Bupati Langkat melepas Kirab Nusantara Kabupaten Langkat Drumband (KLDC) yang diikuti 20 peserta tim yang berasal dari Tim Kabupaten Langkat, Tim Kabupaten Deli Serdang, Tim Kota Binjai dan juga Tim Kota Medan.

Turut hadir Anggota DPRD Fraksi Golkar Ahmad Senang SHi, mewakili Kapolres Langkat Kabag Ops AKP R.Surbakti, mewakili Dandim 0203/LKT Kapten Inf. Edisusanto (Danramil 07/ Stabat), Kepala BNN Kabupaten Langkat Saharuddin Bangko SH MH, Sekda Kab. Langkat H. Amril SSos MAP, mewakili Danyon Marinir Lettu Mar Esau Lucky Yahya F (Pasiops Mar 8 Tangkahan Lagan), para Asisten dan Staf Ahli Setdakab Langkat, para Kepala Perangkat Daerah Pemkab Langkat, Ketua Al Washliyah Kab. Langkat Drs. Syahrizal MZ, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Langkat, Bhayangkari Polres Langkat dan juga para tokoh Pemuda Kabupaten Langkat.

reporter | Rudy Hartono

 

Related posts

Leave a Comment