‘Bersama Majukan Indonesia’, Hari Sumpah Pemuda ke-95 Diperingati di Humbahas

Hari Sumpah Pemuda ke-95 Tahun 2023 diperingati di Kabupaten Humbahas. Berlangsung di halaman Kantor Bupati Humbahas Bukit Inspirasi Doloksanggul, Sabtu (28/10/2023).

topmetro.news – Hari Sumpah Pemuda ke-95 Tahun 2023 diperingati di Kabupaten Humbahas. Berlangsung di halaman Kantor Bupati Humbahas Bukit Inspirasi Doloksanggul, Sabtu (28/10/2023).

Hadir mengikuti upacara, Ketua DPRD Humbahas Ramses Lumbangaol SH, Wakapolres Humbahas Kompol Briston Agus Muntecarlo Napitupulu, Pabung 2010/TU Mayor Ojak Simarmata, Kepala Seksi Perdata dan Tata Usaha Negara Kejari Humbahas Ade F Sinaga SH, Wakil Ketua TP PKK Humbahas Erma Oloan P Nababan, Ketua KNPI Humbahas Togu Lumbangaol, OPD, ASN, organisasi kepemudaan serta anak sekolah.

Sebagai pembina upacara adalah Sekda Drs Tonny Sihombing MIP dan inspektur upacara, Adil Marbun.

Menteri Pemuda dan Olahraga RI Ario Bimo Nandito Ariotedjo dalam sambutannya melalui Sekda Humbahas Drs Tonny Sihombing menyebut, momentum Hari Sumpah Pemuda mengingatkan Bangsa Indonesia terhadap sejarah gotong royong seluruh elemen pemuda yang berhasil menebar semangat jiwa patriotisme. Sekaligus menyatukan visi kebangsaan dalam Sumpah Pemuda 1928 yang melahirkan sebuah komitmen kebangsaan.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 Tahun 2023 mengusung tema, ‘Bersama Majukan Indonesia’. Di mana logo HSP ke-95 berbentuk stilasi barisan manusia yang menyimbolkan kolaborasi dan warna-warni. Ini menunjukkan keanekaragaman suku, bahasa, dan budaya. Heterogenitas tersebut sebagai sumber kekuatan dalam memajukan Indonesia.

Partisipasi Pemuda

Pemerintahan RI telah membuka luas partisipasi pemuda-pemudi. Di mana generasi muda saat ini telah seiring sejalan mewujudkan harapan masa depan Indonesia bersama-sama. Inklusifitas dalam ekosistem kolaborasi lintas generasi telah membangun optimisme kolektif, bahwa sekarang para pemuda-pemudi mendapatkan tempat terhormat di dalam pembangunan nasional.

Posisi Indonesia memang sedang berproses menyelesaikan persoalan korupsi, kemiskinan, pengangguran, narkoba, pornografi, hoax, ujaran kebencian serta sejumlah problem bangsa lainnya. Tetapi semua itu bukan menjadi alasan bagi para pemuda untuk berhenti melaju menuju Indonesia maju dan menciptakan masyarakat adil dan makmur.

Di sisi lain, perkembangan teknologi terkini dan arus informasi yang semakin cepat membuat kesenjangan penguasaan terhadap teknologi dan informasi antar generasi.

Pada intinya, pemuda harus serius dalam penguasaan teknologi dan informasi serta literasi digital. Oleh karena itu, setiap pemuda perlu mempunyai visi, misi dan peran strategis untuk 30 tahun mendatang, agar pembangunan dapat berlari lebih cepat.

reporter | S Marihot Pakpahan

Related posts

Leave a Comment