Ikuti Apel Kesiapan Pemilu, Baskami Tekankan Pentingnya Netralitas TNI/Polri

Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting menekankan pentingnya netralitas TNI dan Polri dalam rangka menyongsong Pemilu 2024.

topmetro.news – Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting menekankan pentingnya netralitas TNI dan Polri dalam rangka menyongsong Pemilu 2024.

Baskami menyampaikan hal itu di hadapan awak media, pada kegiatan Apel Bersama Pengamanan Pemilu 2024 Kodam I/BB dan Deklarasi Pemilu Damai, Lapangan Benteng, Rabu (8/11/2023).

Baskami mengapresiasi langkah TNI/Polri dalam melakukan persiapan secara maksimal untuk menjaga keamanan dan stabilitas di Sumatera Utara. “Kita sangat bangga sekali TNI dan Polri berkomitmen menjaga netralitas sepanjang Pemilu 2024,” katanya.

Baskami juga mengajak para peserta Pemilu, yakni partai politik, untuk menjalankan pesta demokrasi secara damai. “Menang dan kalah itu resiko dalam perjuangan. Maka mari kita rayakan dengan kebahagiaan,” tambahnya.

Baskami meminta seluruh pihak untuk menjaga diri. Senantiasa rukun walaupun berbeda pandangan politik. “Jangan kita rusak tatanan masyarakat Sumut ini yang majemuk. Bagaimana pun, Pemilu kita harus damai,” jelasnya.

Pantauan lapangan, pada acara tersebut hadir Forkopimda Sumut. Di antaranya, Pangdam I/BB Mayjen TNI Mochammad Hasan, Kapolda Sumut Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi, dan Kajatisu Idianto.

Apel bersama tersebut juga mempertunjukkan simulasi pencegahan dan pengamanan ekskalasi massa oleh TNI/Polri.

Komitmen Forkopimda

Sementara itu, senada dengan Baskami, Pangdam I/BB Mayjen Mochammad Hassan mengatakan, Forkopimda secara lugas berkomitmen berupaya jaga stabilitas pelaksanaan Pemilu.

“TNI AD dalam hal ini siap mengamankan Pemilu bersama unsur TNI lainnya dan Polri. Sumut ini jadi barometer nasional. Maka keamanan ini menjadi tanggung jawab kita bersama,” jelasnya.

Hassan menyampaikan, Kodam I Bukit Barisan menyiapkan 2.437 personil dan 260 alutsista untuk membantu Polri di wilayah Sumut, Riau, Sumbar, dan Kepri, untuk Pengamanan (PAM) Pemilu 2024.

“Untuk wilayah Sumatera Utara, Kodam I/BB menurunkan 1.209 personil dengan 53 alutsista,” tambahnya.

Sementara itu Kapolda Sumut Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi, mengatakan langkah persiapan pengamanan pemilu oleh TNI dan Polri berjalan efisien, tepat dan cepat.

“Kami akan memastikan keamanan akan terus kita jaga. Dinamika masyarakat akan kita pastikan dalam keadaan aman dan lancar. Mohon dukungannya,” pungkas Agung.

penulis | Erris JN

Related posts

Leave a Comment