Dukung Industri Kreatif di Pasar Internasional, Pj Gubsu Hassanudin Buka Sumut Fashion Week

Pj Gubsu Hassanudin mengatakan, sangat mendukung industri kreatif Sumut terus berkembang. Sehingga semakin terkenal di pasar internasional.

topmetro.news – Membuka secara resmi Sumut Fashion Week (SFW) 2023, Pj Gubsu Hassanudin mengatakan, sangat mendukung industri kreatif Sumut terus berkembang. Sehingga semakin terkenal di pasar internasional.

Sumut yang terkenal kaya akan seni kriya terutama kain, berpotensi besar punya pasar bagus di dunia internasional. Karena itu, Pemprov Sumut akan terus mendukung pengembangan kriya Sumatera Utara.

”Kita akan dukung melalui kebijakan-kebijakan yang membantu industri kreatif kita lebih berkembang lagi. Karena industri kreatif pengaruhnya cukup besar menopang ekonomi kita,” kata Hassanudin usai membuka SFW 2023 di Sun Plaza Medan, Rabu (15/11/2023).

Hassanudin berharap, industri kreatif Sumut terus berinovasi dalam mengembangkan karya-karyanya, termasuk berinovasi untuk pemasaran. Ini penting, agar produk-produk kriya, terutama fesyen menarik perhatian dalam dan luar negeri.

”Seperti saat ini. Produk-produk hasil inovasi yang luar biasa bagusnya. Tetap mempertahankan instrumen utama budaya kita, tetapi tetap modern. Teruslah berinovasi,” kata Hassanudin.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) Sumut Yuni Pohan mengatakan, kegiatan SFW kali ini diikuti lebih dari 63 desainer. Bukan hanya dari Sumut, tetapi juga dari provinsi lain, seperti Jawa Barat, Jakarta, dan Lampung.

Hal yang cukup menarik pada SFW kali ini, beberapa pakaian diperagakan langsung oleh walikota dan ketua TP PKK kabupaten/kota. Misalnya, Pematangsiantar yang memperagakannya langsung Walikota Susanti Dewayani. Kemudian Kabupaten Batubara, langsung oleh Ketua TP PKK Maya Indriasari.

”Ada 13 desainer dari luar Sumut dan desainer lokal ada sekitar 50 orang. Mudah-mudahan kegiatan ini terus membangkitkan gairah fesyen Sumut,” kata Yuni Pohan.

Hadir antara lain Pj Ketua TP PKK Sumut Dessy Hassanudin dan Ketua Bhayankari Sumut Erni Agung Setya. Hadir juga Kadis Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Zumri Sultony, Asisten Administrasi Umum Lies Handayani Siregar, serta OPD terkait lainnya.

penulis | Erris JN

Related posts

Leave a Comment