Semarakkan Even Aquabike, Disbudpar Toba Gelar Festival Lagu dan Musik Akustik 2023

Topmetro.news – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Toba, gelar perlombaan festival lagu dan musik akustik 2023, yang diselenggarakan di kompleks monumen Mayjend (Anm). D. I. Panjaitan, Balige, Kabupaten Toba, Provinsi Sumatera Utara, Minggu, sore, (19/11/2023).

Pada pembukaan, Kepala Dinas Disbudpar Toba, Rusti Hutapea, S.Pd, M.Pd, mengatakan, bahwa selain dalam rangka untuk memeriahkan puncak even Aquabike World Championsip, pada 25-26 November 2023 mendatang, di Kabupaten Toba, Balige, kegiatan juga dimaksudkan, sebagai wadah pembinaan dan pengembangan minat bakat generasi muda di bidang seni budaya, khususnya pelestarian seni dan budaya Batak Toba.

“Saya berharap dengan adanya kegiatan ini
kita dapat terus menerapkan nilai-nilai Batak Na Raja yakni, na marugamo, na maruhum, na marparbinotoan, dan na maradat”, ucapnya diawal sambutan.

Selanjutnya, masih di hadapan para peserta, dan masyarakat yang berkesempatan menyaksikan acara, terkait kegiatan tersebut, dia juga merencanakan, akan menjadikan program tersebut, menjadi agenda tahunan.

Saling Kerjasama

“Mari kita bekerjasama dan mendukung program Pak Bupati Toba, dengan filosofis Batak Na Raja, acara seperti ini, kedepannya diagendakan berkelanjutan,” pungkasnya.

Sementara, terpisah dilokasi yang sama, Kabid. Kebudayaan, Patar Silalahi, S.E, mengungkapkan, bahwa kegiatan lomba festival lagu dan musik akustik, diikuti 18 group, berasal dari 5 Kabupaten.

“Perlombaan ini diikuti 18 grup, dari 5 kabupaten di kawasan danau Toba, yakni, Toba sendiri, Dairi, Humbang Hasundutan, Taput, dan Samosir, ” sebut Patar.

Masih ia teruskan, terkait teknis pelaksanaan, pihaknya membagi dua tahap.

“Babak penyisihan diikuti seluruh peserta, dan untuk finalnya, dewan juri memilih 10 besar terbaik, selanjutnya menetapkan 6 besar sebagai peraih juara. Juara 1 sampai Harapan 3,” ungkapnya.

“Bagi yang juara diberikan trophy, piagam penghargaan, dan uang dana pembinaan yang masing-masing jumlahnya sudah ditetapkan sebelumnya. Selain itu bagi yang belum berkesempatan menjadi juara, masing-masing, juga diberikan piagam dan pengganti transportasi”, pungkasnya.

Untuk diketahui, melalui pihak Disbudpar Toba, dalam rangka memilih dan menetapkan para juara, pihak Disbudpar, sebelumnya telah menghunjuk 3 dewan juri, yang berkompeten dibidangnya, yakni : Johan Sinaga, Aston Parulian Manik, S.Sn, dan Toman Manik, S.Sn.

Turut hadir menyaksikan, Bupati Toba, Ir. Poltak Sitorus, Sekdakab Toba, Drs. Augus Sitorus, Staf Ahli Bupati, Darwin Sianipar, Ketua DWP Toba, Ny. Irma Augus Sitorus, Kabag Protokol, Try Sutrisno, Kabag Ekonomi, Jepri Nainggolan, Para Camat, Sekdis Disbudpar Toba, Jusmar Simamora, para Kabid Disbudpar Toba, para staf Disbudpar Toba, para pendukung peserta lomba, dan undangan resmi lainnya.

reporter: Guntur

Related posts

Leave a Comment