Side Event Aquabike JetSki World Championsip 2023, DKD Toba Gelar Lomba Pagelaran Seni Budaya dan Melukis

topmetro.news – Dalam rangka menyambut dan menyemarakkan even Aquabike JetSki World Championsip 2023, khususnya di Kabupaten Toba, pada 25-26 November , pihak Dewan Kesenian Daerah (DKD) Toba, menggelar berbagai lomba pagelaran seni dan melukis.

Kegiatan yang melibatkan sekitar seratusan siswa-siswi tingkat SLTP dan SLTA swasta dan negeri di Kabupaten Toba tersebut, terselenggara di kompleks Monumen Mayjend (Anm). D. I. Panjaitan, Kelurahan Napitupulu Bagasan, Balige, Kabupaten Toba, Provinsi Sumatera Utara, Kamis, siang, (23/11/2023).

Dalam sambutannya, Ketua Dewan Kesenian Daerah (DKD) Toba, Frans Hendrik Tambunan, di dampingi Sekretarisnya, Antony Sianipar, S.H, mengatakan, bahwa kegiatan ini selain untuk mendukung minat bakat para generasi muda dalam dunia seni dan budaya, juga merupakan dukungan pihak DKD Toba dalam menyambut dan memeriahkan even Aquabike JetSki World Championsip 2023 di Kawasan Danau Toba. Secara khusus disampaikan even yang berlangsung di Balige, Kabupaten Toba, pada 25-26 November.

Tujuan

“Tujuan kegiatan ini utamanya  untuk mengembangkan minat bakat dan kemampuan kreativitas para siswa-siswi di Kabupaten Toba. Dalam karya seni dan budaya. Selain itu, ini, juga merupakan Side Event, dalam menyemarakkan even Aquabike JetSki World Championsip 2023. Di Danau Toba yang indah ini,” kata pria yang juga merupakan Anggota DPRD Toba, asal PDI Perjuangan itu.

“Menjadi juara adalah baik. Lebih dari itu, harapan saya melalui kegiatan ini adek-adek kedepannya semakin mengasah potensi dan talenta yang ada pada diri kalian. Kelak masa mendatang, dapat bermanfaat bagi diri sendiri. Maupun bagi orang banyak,” pungkasnya.

Terpisah, terkait tema dan jenis kegiatan yang diperlombakan, pada kesempatan itu, Antony Sianipar, selaku Sekretaris Dewan Kesenian Daerah Toba, menyebutkan beberapa jenis kegiatan yang diperlombakan.

“Tema Kegiatan ini adalah ‘Berkarya dalam seni, bersatu dalam budaya’. Selain lomba melukis, juga antaralainnya, adalah lomba tortor, mangandung, mossak, uninguningan, trio, situriak, turiturian. Lalu lawak batak, stan-up comedy berbahasa batak, solis, dan terakhir fashion show anak-remaja dengan out fit batak toba,” sebutnya.

Lanjut Antony, terkait lomba melukis, ia jelaskan turut ikut 60 peserta, pada tingkat SLTP. Sedangkan SLTA 30 peserta.

“Lomba melukis ini, di wakili 1 orang dari setiap sekolah, dan bagi tingkat SLTP temanya adalah Rumah Adat Batak Toba. Sedangkan tingkat SLTA temanya Tempat-tempat wisata di Kabupaten Toba,” pungkasnya.

Para Pemenang

Sebagai pemenang dalam lomba melukis, dari masing-masing kategori, oleh Dewan Juri adalah: Juara 1, SMP Budidharma Balige, Juara 2, SMP Negeri 1 Sigumpar, Juara 3, SMP Budidharma, Harapan 1, SMP Negeri 4 Balige, Harapan 2, SMP Negeri 3 Balige, dan Harapan 3, diraih perwakilan dari SMP Negeri 2 Lumbanjulu.

Sedangkan kategori tingkat SLTA Juara 1  SMK Negeri 1 Laguboti, Juara 2 SMA Swasta Bintang Timur 1 Balige, Juara 3 SMK Negeri 1 Laguboti. Dan untuk harapan 1 dan 2, masing-masing di raih oleh siswa SMA Unggul DEL. Selanjutnya untuk harapan 3, yaitu SMA Negeri 1 Laguboti.

Adapun bentuk apresiasi yang pihak Dewan Kesenian Daerah Toba berikan, bagi para peraih juara, melalui Ketua Panitia Pelaksana, Batara Tambunan, menyebutkan, selain sertifikat untuk seluruh peserta, juga bagi pemenang lomba diberikan Trophy dan uang pembinaan.

Selain pengurus Dewan Kesenian Daerah Toba turut hadir juga perwakilan para guru pendamping siswa dari masing-masing sekolah. Juga para tamu undangan resmi lainnya.

Penulis : Guntur

Related posts

Leave a Comment