Anggota DPR RI Ir Lamhot Sinaga Bantu Korban Banjir Bandang di Humbang Hasundutan

Anggota DPR RI Komisi VII Ir Lamhot Sinaga mengunjungi dan membantu korban banjir bandang tanah longsor di Desa Simangulampe, Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbahas, Selasa (12/12/2023).

topmetro.news – Anggota DPR RI Komisi VII Ir Lamhot Sinaga mengunjungi dan membantu korban banjir bandang tanah longsor di Desa Simangulampe, Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbahas, Selasa (12/12/2023).

Rombongan diterima di posko penampungan, Kantor Camat Baktiraja. Lamhot Sinaga setiba di lokasi, langsung berbaur dengan para korban. Kemudian mengamati dan menanyakan kondisi kesehatan serta pelayanan yang mereka terima selama tinggal di posko penampungan.

Lamhot Sinaga juga memberikan dukungan psikologis dengan duduk berbaur, bersenda gurau dengan anak-anak korban bencana, sambil membagikan buku gambar dan pensil warna. Anak-anak terlihat senang dan ceria bisa duduk bersama dan belajar mewarnai dengan anggota DPR RI tersebut.

Tidak luput dapur umum mendapat kunjungan figur yang populer disebut ‘pejuang aspirasi’ itu. Di sana ia memberikan semangat kepada para relawan tukang masak.

Pribadi dan Mitra

Selain membawa bantuan dari para mitra kerjanya, Lamhot Sinaga juga menyerahkan bantuan secara pribadi kepada para korban sebesar Rp42.100.000. Camat Baktiraja Sanggam Lumbangaol bersama Kepala Desa Simangulampe Lambok Simanullang dan perwakilan korban, menerima langsung bantuan tersebut.

Kepada wartawan, Lamhot Sinaga mengatakan, setelah mendengar bencana alam itu, ia langsung berkoordinasi dengan seluruh mitra kerjanya untuk turun tangan dan memberikan bantuan yang perlu bagi korban.

“Atas nama pribadi saya turut prihatin dan berduka atas bencana alam yang menimpa saudara-saudara kita di Desa Simangulampe. Begitu saya mendengar bencana ini terjadi, saya langsung hubungi mitra kerja kami, yaitu Pertamina, PT PLN, PT Inalum. Termasuk juga perusahaan swasta yang pernah saya bawa ke Baktiraja, yaitu PT Vale Indonesia,” kata Lamhot.

Kata Lamhot, khusus untuk PLN, pada hari pertama sudah hadir di lokasi bencana untuk membantu memperbaiki jaringan listrik yang rusak akibat hantaman banjir bandang dan longsor. Begitu juga dengan PT Inalum dan Pertamina.

BBM

Sesuai permintaan Camat Baktiraja, yang dibutuhkan saat itu adalah BBM untuk bisa dipakai alat-alat berat yang bekerja mengevakuasi material longsor dan mencari para korban.

“Saat ini ada belasan alat berat yang bekerja di sini. Mereka tidak mempunyai akses terhadap BBM. Sehingga ketika BBM-nya habis, mereka tidak bisa bekerja secara optimal. Nah kemarin Pertamina sudah mengirimkan mulai dari tanggal 7 Desember 2023. Pertamina sudah mengirimkan BBM ke sini. Bahkan saya cek. Penggunaan BBM untuk alat berat berkisar 6100 liter,” ungkapnya.

Selain BBM, lanjutnya, Pertamina juga membantu LPG di dapur umum posko penampungan. Hal itu untuk memastikan bahwa dapur umum tetap beroperasi memasak makanan para korban dan seluruh petugas yang bertugas selama masa tanggap darurat.

“Mitra kerja kami yang lain, seperti yang disampaikan Pak Camat, masih dibutuhkan dalam jangka panjang untuk ‘recovery’ (pemulihan). Misalnya berupa makanan dan ‘recovery’ terhadap rumah-rumah tinggal mereka nantinya. Itu yang menjadi komitmen kita untuk kita pikirkan,” ucapnya.

“Karena saya juga wakil rakyat dari sini, saya punya komitmen untuk penanganan pascabencana ini dari aspek ‘recovery’-nya sampai jangka menengah, dan jangka panjangnya,” ucapnya.

Ia pun berharap agar petugas bisa segera menemukan jenazah 10 korban yang masih hilang.

Bantuan Materi

Camat Baktiraja Sanggam Lumbangaol atas nama masyarakat Desa Simangulampe menyampaikan terimakasih kepada Lamhot Sinaga dan mitra kerjanya yang telah memberikan bantuan saat bencana maupun pascabencana.

Ia menambahkan, saat ini bantuan sandang pangan di posko penampungan sudah mencukupi. Sehingga Sanggam berharap, apabila masih ada yang ingin menyalurkan bantuan, lebih baik dalam bentuk materi. Baik secara langsung maupun melalui nomor rekening yang tersedia.

reporter | Jansen Simanjuntak

Related posts

Leave a Comment