Jelang Nataru, Pemkab Samosir Monitoring Harga Bapokting di Pasar Tradisional Onan Baru Pangururan

Pemkab Samosir melalui Forkopimda dan TPID melakukan survei dan monitoring harga dan ketersediaan Bahan Pokok Penting (Bapokting) di Pasar Tradisional Onan Baru, Pangururan, Kabupaten Samosir, Rabu (13/12/2023).

topmetro.news – Menjelang Perayaan Natal Tahun 2023 dan Tahun Baru 2024, sekaligus dalam rangka pengendalian inflasi daerah dan pertumbuhan ekonomi, Pemkab Samosir melalui Forkopimda dan TPID melakukan survei dan monitoring harga dan ketersediaan Bahan Pokok Penting (Bapokting) di Pasar Tradisional Onan Baru, Pangururan, Kabupaten Samosir, Rabu (13/12/2023).

Monitoring dipimpin oleh Wakil Bupati Samosir Drs Martua Sitanggang, MM didampingi Pabung Kodim 0210/TU G Sebayang, Kapolres Samosir diwakili Kasat Binmas Iptu H Rajagukguk, Kajari Samosir diwakili Jaksa Fungsional Dwi Putri, Asisten II Hotraja Sitanggang, Kadis Kopnakerindag Rista Sitanggang, Kadis Perhubungan Laspayer Sipayung, Kabag Perekonomian Tri Endis Manalu, Dinas Ketapang dan Pertanian, serta TPID.

Monitoring guna mengetahui kondisi stok ketersediaan bapokting. Serta memantau harga bahan pokok tersebut baik di tingkat agen maupun penjual, menjelang Perayaan Hari Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

“Kita melakukan upaya antisipasi melalui pemantauan harga dan ketersediaan pasokan di pasar. Agar pada perayaan Natal dan Tahun Baru mendatang tidak ada gejolak harga,” kata Wakil Bupati Martua Sitanggang.

Berdasarkan hasil monitoring, untuk stok dan ketersediaan bapokting masih cukup aman jelang Nataru. Mengenai harga, masih relatif normal dan terjangkau, ada yang mengalami kenaikan dan ada juga yang turun.

Sejumlah komoditi yang mengalami penurunan harga di antaranya Cabe Merah dari Rp55.000/kg turun menjadi Rp45.000/kg. Cabe Rawit dari harga Rp55.000/kg turun menjadi Rp48.000/kg. Serta Bawang Merah mengalami penurunan harga dari Rp40.000/kg menjadi Rp35.000/kg.

Untuk beras, pantauan pada sejumlah distributor, yakni UD Tambun dan CV Rodearni, ketersediaan stok juga masih aman. Harga juga masih normal dan tidak mengalami kenaikan. Untuk Beras Premium harga berada di kisaran Rp15.000/kg, Beras Medium Rp14.000/kg, dan beras lokal Rp220.000/kaleng.

Bapokting lainnya, seperti minyak goreng, tepung terigu, gula pasir, dan telur juga tidak mengalami kenaikan harga. Justrru gula pasir mengalami penurunan harga sekitar Rp500/kg, dari Rp16.500 menjadi Rp16.000/kg.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment