PWI Sumut Umumkan Hasil Ujian UKW, dari 51 Peserta 8 Belum Kompeten

Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumut mengumumkan hasil UKW (Uji Kompetensi Wartawan) Angkatan 64 dan65. Uji kompetensi oleh PWI Sumut itu sendiri berlangsung di Hotel Madani, Jumat (14/12/2023) sore.

topmetro.news – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumut mengumumkan hasil UKW (Uji Kompetensi Wartawan) Angkatan 64 dan65. Uji kompetensi oleh PWI Sumut itu sendiri berlangsung di Hotel Madani, Jumat (14/12/2023) sore.

Dari hasil ujian, sebagaimana penyampaian Tim Penguji M Syahrir di acara penutupan, bahwa dari 58 peserta UKW hanya hadir 51 orang. Kemudian dari 51 peserta, ada delapan di antaranya belum kompeten (tidak lulus). Lalu tiga orang kena diskualifikasi karena terlambat dan salah menempatkan posisi kelas.

“Yang kompeten 40 orang dan tidak kompeten 8 orang,” terang Syahrir.

Tambah Syahrir, untuk nasional, pelaksanaan UKW itu merupakan yang ke 770 dan 771. Dari hasil UKW terakhir maka jumlah seluruh wartawan di Indonesia yang sudah kompeten sebanyak 18.113.

Sementara itu, Ketua PWI Sumut Farianda Putra Sinik menyampaikan selamat kepada yang lulus. Sedangkan kepada yang belum kompeten, agar jangan patah semangat.

“Tahun depan dapat ikut ujian lagi. Untuk itu dapat belajar dan mahami tugas jurnalistik,” ujar Farianda seraya menambahkan, PWI Sumut tetap komit mengutamakan kualitas profesional wartawan yang beretika.

Sedangkan Ketua PWI Pusat melalui Direktur UKW Firman Komar mengatakan, pihaknya sedang menyalaraskan pendidikan dengan UKW, sehingga terintegrasi menjadikan wartawan yang profesional.

“Dan yang sudah UKW kita harapkan wartawan sudah memahami kode etik jurnalistik,” paparnya.

penulis | Erris JN

Related posts

Leave a Comment