Kunjungi Bank Sumut Siantar, Baskami Minta Permudah Akses UMKM

Ketua DPRD Sumatera Utara Baskami Ginting mengunjungi Bank Sumut Cabang Siantar, Senin (18/12/2023).

topmetro.news – Ketua DPRD Sumatera Utara Baskami Ginting mengunjungi Bank Sumut Cabang Siantar, Senin (18/12/2023). Pantauan lapangan, Baskami diterima langsung oleh Wakil Pimpinan Bisnis Bank Sumut Cabang Siantar Muhammad Fadil beserta jajaran.

Pada kunjungan tersebut, Baskami meminta Bank Sumut Cabang Pematang Siantar untuk mempermudah akses modal bagi para pengusaha kecil yang bergerak di bidang UMKM.

“Kita harus mendukung dan memberikan stimulus bagi geliat para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah di Siantar,” katanya.

Politisi PDI Perjuangan Sumut itu mengungkapkan, pihaknya menilai upaya pemerintah dalam memberikan akses modal ke UMKM tergolong baik. Kendati demikian, menurutnya perlu ada pendampingan lebih lanjut, tidak hanya persoalan akses saja.

“Saya banyak menerima aspirasi dari para UMKM karena mengeluhkan belum mendapat bantuan modal. Maka kita juga harus dampingi para pengusaha kecil itu agar nantinya bisa bersaing dan memberikan kontribusi positif bagi perekonomian Sumatera Utara,” ungkapnya.

Kata Baskami, sebagian masyarakat yang tidak mendapatkan akses modal, mengambil jalan pintas kepada rentenir maupun pinjaman online. “Hal ini harus kita hindari. Karena solusi itu tidak mengatasi permasalahan, malah menambah masalah,” jelasnya.

Baskami mengatakan, permasalahan UMKM perlu perencanaan matang dan terencana. Maka, Bank Sumut perlu bersinergi bersama Dinas Koperasi dan UMKM Pemprovsu.

“Setelah kemudahan akses modal, maka harus ada pelatihan, packaging, pemasaran, digitalisasi, dan sebagainya,” jelasnya.

Baskami juga menjelaskan, akses modal tersebut dapat meliputi seluruh pelaku usaha mikro dan debitur usaha mikro. Yakni meliputi bidang pertanian, perikanan, perindustrian, perdagangan, pariwisata, serta jasa yang menjalankan usaha ekonomi kreatif dari kalangan muda.

“Sehingga ekonomi Siantar bisa maju dan menghasilkan produk-produk unggulan,” pungkasnya.

penulis | Erris JN

Related posts

Leave a Comment