Bupati Samosir Serahkan Bantuan Pertanian

Bupati Samosir Vandiko T Gultom kembali menyerahkan bantuan barang pemerintah berupa pupuk organik cair dan alat pertanian kepada kelompok tani di Halaman Kantor Dinas Ketapang dan Pertanian, Rabu (20/12/2023).

topmetro.news – Bupati Samosir Vandiko T Gultom kembali menyerahkan bantuan barang pemerintah berupa pupuk organik cair dan alat pertanian kepada kelompok tani di Halaman Kantor Dinas Ketapang dan Pertanian, Rabu (20/12/2023).

Bantuan sumber APBD Samosir 2023 itu antara lain, pupuk organik cair sebanyak 7.900 liter, kapur pertanian 50 ton, handsprayer 206 unit, hand tracktor 5 unit. Untuk tahun 2023, Pemkab Samosir melalui Dinas Ketapang dan Pertanian juga akan membagikan bantuan molase sebanyak 12.800 liter dan EM 4 sebanyak 12.800 liter.

Vandiko T Gultom mengatakan pemberian bantuan sebagai bukti komitmen pemkab untuk terus mendukung pertanian, guna meningkatkan ketahanan pangan di Kabupaten Samosir. Ia sampaikan bahwa para kelompok tani yang terdaftar di Kabupaten Samosir telah mendapat bantuan pupuk gratis dari pemkab. Dan tahun depan akan tetap memberi perhatian dengan pemberian bantuan.

Maka ia berharap petani yang belum masuk kelompok tani agar segera bergabung guna mendapat bantuan dari pemerintah. “Kami berkomitmen untuk tetap membantu petani. Sehingga ke depan, pertanian di Samosir dapat semakin meningkat, yang muara ujungnya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat,” kata Vandiko.

Bupati Samosir mengimbau agar bantuan yang diberikan digunakan sebaik mungkin. Sebab bantuan pemerintah itu hanya bersifat stimulan, sebagai perangsang memacu semangat. Petani juga agar memanfaatkan penyuluh pertanian untuk konsultasi. Sehingga pertanian dapat berhasil.

Pemilu Damai

Menjelang Pemilu, Bupati Samosir meminta seluruh lapisan masyarakat menyukseskan Pemilu secara damai. “Semoga damai dan sukacita Natal menyertai kita. Titip salam kepada seluruh keluarga. Semoga selama di Samosir para perantau dapat menikmati dan membawa suasana yang baik,” tutup Vandiko.

Kadis Ketapang dan Pertanian Tumiur Gultom menjelaskan selain bantuan itu, mereka juga telah memberikan pupuk organik cair sebanyak 8.160 liter. Kemudian pembenah tanah M5 sebanyak 2.250 liter, handsprayer 200 unit, mesin chopper 6 unit, dan mesin power treser 1 unit.

Turut hadir, anggota DPRD Samosir Magdalena Sitinjak, Asisten III Waston Simbolon, Kadis Kominfo Immanuel Sitanggang, Kadis PUTR Rudimantho Limbong, TBPP Marhuale Simbolon dan Raun Sitanggang.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment