Bupati Samosir Berikan Bantuan Terpal Bagi Petani Ikan

Untuk memberdayakan petani ikan khususnya budidaya kolam darat, Bupati Samosir Vandiko T Gultom didampingi Ketua KTNA Pantas M Sinaga dan Kadis Ketapang dan Pertanian Tumiur Gultom menyerahkan bantuan terpal kolam ikan kepada Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan).

topmetro.news – Untuk memberdayakan petani ikan khususnya budidaya kolam darat, Bupati Samosir Vandiko T Gultom didampingi Ketua KTNA Pantas M Sinaga dan Kadis Ketapang dan Pertanian Tumiur Gultom menyerahkan bantuan terpal kolam ikan kepada Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan).

Penyerahan berlangsung di Desa Sipinggan Kecamatan Nainggolan, Kamis (21/12/2023).

Bantuan kepada Pokdakan Milenial Desa Sipinggan ada sebanyak lima terpal. Kemudian Pokdakan Bambu Kuning Desa Sinaga Uruk Pandiangan menerima 11 terpal. Pokdakan Batu Guru Desa Pangaloan lima terpal, Pokdakan Martala Gumba Desa Toguan Galung lima terpal. Selanjutnya, Pokdakan Sehati Desa Lintong Nihuta 11 terpal, Pokdakan Holong Desa Salaon Dolok tiga terpal, Pokdakan Banua Raja Desa Sabulan 10 terpal.

Bupati Samosir Vandiko T Gultom menekankan, agar pokdakan memanfaatkan bantuan sebaik mungkin. “Dengan bantuan ini, semoga perekonomian masyarakat tetap terjaga dan tidak lagi melakukan budidaya ikan di Danau Toba, yang mana alam harus kita jaga agar tetap lestari,” ucap Vandiko.

Bupati Samosir menegaskan, penyuluh perikanan untuk benar-benar membantu pokdakan. Sebaliknya pokdakan agar mau belajar dan bertanya kepada penyuluh, sehingga budidaya ikan berhasil dan menjadi contoh bagi petani ikan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Samosir meninjau kolam darat milik Pokdakan Milenial yang masih belum memiliki terpal dan memberi makan ikan.

Ketua KTNA yang juga anggota DPRD Samosir, Pantas M Sinaga, atas nama KTNA mengucapkan terima kasih atas perhatian pemkab dalam membantu budidaya kolam darat. Ke depan ia berharap bantuan dan perhatian kepada pembudidaya ikan bisa berlanjut guna meningkatkan ekonomi masyarakat Samosir.

Kadis Ketapang dan Pertanian Tumiur Gultom menjelaskan, pemberian bantuan bersumber dari APBD Samosir TA 2023. Bantuan itu untuk membantu pokdakan, karena tekstur tanah kolam darat di Samosir tidak dapat menahan air.

Penerima bantuan ada tujuh pokdakan dari 3 kecamatan. Yakni, Nainggolan, Ronggurnihuta, dan Sitiotio. Melalui pemberdayaan petani ikan kolam darat ini, Tumiur berharap dapat membantu pemenuhan konsumsi ikan di Samosir.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment