Soft Launching Pantai Lagundi Tampilkan Opera Batak si Mardan

Dengan iringan penabuhan gendang, Bupati Samosir Vandiko T Gultom bersama Forkopimda 'melaunching' Objek Wisata Lagundi, Desa Sitamiang, Kamis (28/12/2023)

topmetro.news – Dengan iringan penabuhan gendang, Bupati Samosir Vandiko T Gultom bersama Forkopimda ‘melaunching’ Objek Wisata Lagundi, Desa Sitamiang, Kamis (28/12/2023).

Acara ‘soft ‘aunching’ itu menampilkan sebuah pentas seni Opera Batak ‘si Mardan’ dari sanggar yang ada di Kecamatan Onan Runggu.

Untuk tahun 2023, Pemkab Samosir melakukan penataan Pantai Lagundi. Antara lain penambahan ‘touris information center’, dermaga wisata, toilet premium, rumah doa, kios kuliner, ‘boardwalk’ dan pedesterian, gazebo, lampu taman, serta panggung kesenian.

Vandiko Gultom menyebutkan, Objek Wisata Lagundi dilengkapi dengan panggung kesenian yang secara khusus dirancang untuk pertunjukan Opera Batak.

Opera Batak merupakan warisan nenek moyang, saat ini sudah mulai pudar dan hampir punah. Sebagai upaya pelestarian, Pemkab Samosir akan menggali kembali warisan tersebut, yang mana pernah meraih kejayaan puluhan tahun lalu.

Dalam even internasional Aquabike, Pemkab Samosir sudah menampilkan Opera Batak, sehingga sudah terkenal ke dunia internasional.

“Opera Batak merupakan kebanggaan kita. Maka saya komit akan mempromosikan dan membangkitkan kembali. Saya perkenalkan kembali Opera Batak dan saya komit,” kata Vandiko yang mengaku terinspirasi dari tokoh budaya di Kecamatan Onan Runggu.

Tahun depan, Bupati Samosir juga berkomitmen menggelorakan dan menampilkan Opera Batak. Pemerintah peduli dan hadir untuk melestarikan Budaya Batak. Untuk itu diharapkan pelaku seni di Samosir menyatukan tekad, semangat dan meningkatkan kreatifitas.

“Pemkab akan selalu mendukung. Mari seluruh pelaku seni satukan tekad. Kita jaga budaya, sehingga Samosir betul-betul sebagai daerah asal-muasal Bangsa Batak,” harap Vandiko.

Rawat Fasilitas

Kepada seluruh warga Sitamiang, Bupati Samosir menitipkan, agar merawat dan menjaga seluruh fasilitas yang ada. Serta menjalin kerjasama dengan dinas terkait guna peningkatan sumber daya manusia. Sehingga nantinya berdampak positif untuk peningkatan ekonomi masyarakat dan pelestarian budaya.

Turut hadir, Forkopimda Samosir, anggota dewan Magdalena Sitinjak, SAB Rudi M Siahaan, Hut Isasar Simbolon, Kadis Kominfo Immanuel Sitanggang, Kaban Bappeda Litbang Rajoki Simarmata, Kadis Budpar Tetty Naibaho, Kadis Sosial PMD F Agust Karokaro, Kadisdikpora Jhonson Gultom, dan para camat.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment