Ungkap 2.071 Kasus Narkoba Awal 2024, Baskami Apresiasi Kinerja Polda Sumut

Ketua DPRD Sumatera Utara Baskami Ginting memberikan apresiasi atas kinerja Polda Sumut yang berhasil ungkap 2.071 kasus narkoba di seantero Sumatera Utara, dalam kurun waktu September hingga akhir Januari 2024.

topmetro.news – Ketua DPRD Sumatera Utara Baskami Ginting memberikan apresiasi atas kinerja Polda Sumut yang berhasil ungkap 2.071 kasus narkoba di seantero Sumatera Utara, dalam kurun waktu September hingga akhir Januari 2024.

Diketahui, sebanyak 2.071 kasus narkoba dengan 2.820 tersangka dengan barang bukti uang tunai hingga Rp338.678.550. Dari data yang ada, Senin (22/1/2024) malam, ada pemakai sebanyak 568 orang, jaringan narkoba 2.252 orang.

“Saya meminta Polda Sumut untuk terus gencar mengungkap praktik penyalahgunaan narkoba dan obat terlarang lainnya. Kita harus berupaya agar permasalahan narkoba di Sumut ini tuntas sampai ke akarnya,” katanya, Senin (22/1/2024).

Baskami menjelaskan, di setiap kegiatan serap aspirasi bersama warga, ia kerap menerima keluhan atas kehilangan barang-barang berharga milik warga.

“Ada tabung elpiji, ada sepeda motor, ban mobil, besi, pagar. Kita tahu, akar dari permasalahan ini karena narkoba,” tambahnya.

Baskami juga menginginkan berdirinya, rumah rehabilitasi dan rumah sakit ketergantungan obat (RSKO) di Sumut. “Kita belum memiliki RSKO, ini kebutuhan mendesak. Sumut masih rangking pertama peredaran narkoba,” jelasnya.

Baskami juga meminta TNI/Polri memperketat jalur-jalur tikus di kawasan perairan Pantai Timur, yang kemungkinan tempat masuknya narkoba dari negara lain.

“Kita harus perketat penjagaan, juga batas-batas provinsi Sumatera Utara. Agar bisa memberantas habis peredaran narkoba yang menjurus ke generasi muda kita,” imbuhnya.

Komitmen

Sementara itu Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Hadi Wahyudi mengatakan perburuan jaringan narkoba sebagai bentuk komitmen Polda Sumut.

Polda Sumut, kata Hadi telah menyita barang bukti sabu seberat 327,44 kg, ganja 604,55 kg, pohon ganja 65.155 batang, pil ekstasi 55.018 butir, excimer 95 butir, tramadol 49 butir dan triheksin 431 butir.

Tak hanya itu Polda Sumut juga menyita barang bukti berupa sepeda motor 334 unit, mobil 42 unit, uang tunai, dan lainnya.

“Pemberantasan ini dilakukan di setiap kabupaten/kota yang ada di wilayah Sumut. Tidak hanya itu, pengejaran juga berlangsung hingga daerah perbatasan,” jelas Kombes Hadi.

Kombes Hadi menegaskan, pengungkapan kasus tersebut sesuai dengan atensi Kapolda Sumut. Yakni yang meminta melakukan pengejaran terhadap para pelaku, pengedar, jaringan, pemakai, bandar narkoba, hingga meratakan tempat peredaran narkoba.

Untuk diketahui, Sumut ditetapkan sebagai salah satu provinsi dengan status darurat narkoba oleh pemerintah pusat pada September 2023 lalu.

penulis | Erris JN

Related posts

Leave a Comment