Bupati Samosir Bagikan Pupuk Gratis di Desa Pardomuan dan Huta Tinggi

Bupati Samosir Vandiko T Gultom membagikan bantuan pupuk organik gratis kepada seluruh kelompok tani di Desa Pardomuan I dan Huta Tinggi Kecamatan Pangururan, pada acara Bunga Desa pada dua desa tersebut, Selasa (6/2/2024).

topmetro.news – Bupati Samosir Vandiko T Gultom membagikan bantuan pupuk organik gratis kepada seluruh kelompok tani di Desa Pardomuan I dan Huta Tinggi Kecamatan Pangururan, pada acara Bunga Desa pada dua desa tersebut, Selasa (6/2/2024).

Pemberian bantuan tersebut sebagai bukti keseriusan Pemkab Samosir dalam pemenuhan pupuk bagi petani. Vandiko menyebutkan, kuota pupuk kimia bersubdisi terbatas hanya dapat tertampung 40 persen dari usulan RDKK. Sehingga masyarakat diajak untuk beralih menggunakan pupuk organik.

Sebagai solusi atas keterbatasan pupuk kimia bersubsidi, Pemkab Samosir juga menggalakkan pelatihan pembuatan pupuk organik. Vandiko menjelaskan, penggunaan pupuk organik dengan kimia hasilnya tidak beda jauh. Selain itu akan dapat memperpanjang umur pertanian.

“Saya komit memberikan pupuk organik gratis bagi kelompok tani yang terdaftar. Akan tetapi pemberian bantuan ini bersifat stimulan, sebagai perangsang bagi petani untuk mau belajar dan mampu memproduksi pupuk sendiri. Mari sama-sama belajar dan berlatih,” ucap Vandiko mengajak masyarakat.

Lebih lanjut, Vandiko menyampaikan, dalam Program BPJS gratis, saat ini Pemkab Samosir sudah mencapai 99 persen dan mendapat penghargaan dari Wakil Presiden RI. Dengan pencapaian yang sangat tinggi bahkan di atas Provinsi Sumatera Utara, masyarakat Samosir dapat mengakses fasilitas kesehatan hanya dengan membawa KTP elektronik. Pengurusan BPJS baru juga dapat langsung aktif.

Pelayanan Gratis

Berkantor di Desa Pardomuan I dan Hutatinggi, Bupati Samosir mendekatkan pelayanan dengan membawa pelayanan gratis. Upaya ini merupakan salah satu langkah untuk pemerataan, sehingga seluruh masyarakat baik di desa dan di kota mendapat pelayanan yang sama.

Kepala Desa Hutatinggi Pargaulan Silalahi merasa bangga dengan segala perhatian Bupati Samosir. Setelah sekian lama akhirnya masyarakatnya dapat merasakan kehadiran air bersih.

Dengan sinergitas antara desa, Pemkab Samosir dengan Pelindo, dan PT Astra, pembangunan air bersih tersebut dapat rampung. Selain itu Bupati Samosir juga melakukan penandatanganan prasasti pengembangan sarana dan prasana objek wisata berupa 1 unit kios dan 5 unit gazebo hasil sinergitas dengan Kementerian Desa.

Untuk tahun 2024, Vandiko menyampaikan Desa Pardomuan I akan mendapatkan bangunan puskesmas senilai Rp9,7 miliar. Juga peningkatan SPAM jaringan perpipaan Rp1,8 miliar.

Terkhusus untuk pembangunan puskesmas Bupati Samosir meminta agar lahan tidak bermasalah. Demikian juga dengan pembangunanan infrastruktur lainnya, masyarkat agar memanfaatkan keberadaan alat berat dengan baik dan bersepakat tentang pembebasan lahan.

Untuk tahun 2024 akan ada sirtunisasi dan pembukaan jalan 2,5 km menuju lokasi pembangunan puskesmas. Juga lanjutan peningkatan Jalan Lumban Pinggol 1 km dan sirtunisasi. Penataan pekarangan Pardomuan SDN 1 Pardomuan I Rp99 juta , jalan lingkungan Parhapuran Rp192 juta.

Pemilu

Dalam Pemilu 2024 nanti, Bupati Samosir kembali mengajak masyarakat untuk ikut menyukseskan Pilpres dan Pileg. “Kita sudah merasakan banyak pembangunan, perhatian pemerintah pusat. Maka mari sukseskan Pemilu dengan memberikan hak suara dan tidak golput,” ucap Vandiko mengakhiri.

Anggota DPRD Samosir Saurtua Silalahi mengatakan mendukung program pemerintah dalam pelayanan kepada masyarakat. Serta akan ikut serta dalam memperjuangkan kebutuhan masyarakat.

Polten Simbolon mengatakan. masyarakat dan pemerintah harus saling mendukung dan menjaga pembangunan yang ada. Polten yakin, seluruh usulan masyarakat, secara bertahap akan tertangani.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment