Polres Taput Laksanakan Apel Gelar ‘Serpas’ Pengamanan TPS Pemilu 2024

Polres Tapanuli Utara melaksanakan apel gelar pergeseran pasukan (serpas), Selasa (13/2/2024), di Terminal Madya Tarutung.

topmetro.news – Dalam rangka pengamanan pemungutan suara di TPS Pemilu 2024 yang akan berlangsung besok, Rabu (14/2/2024), Polres Tapanuli Utara melaksanakan apel gelar pergeseran pasukan (serpas), Selasa (13/2/2024), di Terminal Madya Tarutung.

Bertindak selaku pimpinan apel, Kapolres Taput AKBP Ernis Sitinjak SH SIK. Sedangkan peserta terdiri dari seluruh pejabat utama, kapolsek sejajaran, dan seluruh personil yang terlibat pengamanan TPS.

Hadir juga unsur Forkopimda Taput, personil TNI dari Kodim 0210/TU, personel Polres Taput, Satpol PP, dan Dinas Perhubungan Taput.

Dalam amanatnya Kapolres menyampaikan, jumlah personil Polres Taput yang terlibat dalam pengaman TPS sebanyak 208 personil. Sedangkan jumlah TPS yang ada di Kabupaten Taput sebanyak 1.036.

Untuk memastikan berlangsungnya Pemilu, maka ada tiga penerapan pola pengamanan. Yakni, sangat rawan, kurang rawan, dan TPS khusus.

Untuk TPS yang sangat rawan di Kabupaten Taput hanya ada 2 TPS. Yakni di Desa Batu Arimo Kecamatan Parmonangan dan Desa Rura Julu Toruan Kecamatan Sipoholon. Sangat rawan maksudnya bukan karena tingkat kriminalnya yang sangat rawan. Tapi letak geografisnya yang jauh dari kecamatan.

Dengan letak geografisnya yang jauh, transportasi hanya bisa dengan kendaraan roda 2. Sehingga masuk kategori rawan. Untuk pola pengamanan diterapkan 2 : 1 : 2. Artinya 2 polisi 1 TPS dan 2 Linmas.

Untuk TPS Khusus ada empat TPS. Tempatnya, tiga di LP Siborongborong dan satu di Rutan Tarutung. Pola pengamanan diterapkan 2 : 1: 2. 2, polisi 1 TPS dan 2 Linmas.

Selainnya, sebanyak 1.030 TPS polanya kurang rawan. Untuk pola kurang rawan pengamanan berlaku pola 2 : 10 : 20. Yakni 2 polisi 10 TPS dan 20 Linmas.

Sehingga total petugas polri yang terlibat untuk pengamanan di TPS sebanyak 208 personil. Seluruh personil yang terlibat hari ini sudah bergeser ke TPS masing-masing.

BKO

Selain personil Polres Taput juga ada BKO (Bawah Kendali Operasi) dari Polda Sumut sebanyak 27 orang. Dan ini khusus stand by, tambah 30 personil dari TNI Kodim 0210. Sisa personil polres yang terlibat dalam PAM TPS 1 pleton sebagai Pasukan Dalmas.

Di akhir amanatnya, Kapolres menyampaikan, selamat melaksanakan tugas. Serta jangan lupa berdoa agar selalu dalam lindungan Tuhan. “Jaga kesehatan dan kita pastikan agar Pemilu berlangsung dengan damai, tenteram, dan kondusif.

reporter | Jansen Simanjuntak

Related posts

Leave a Comment