Bupati Humbahas Buka Konsultasi Publik Ranwal RKPD Tahun 2025

Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor SE diwakili Pj Sekda Chiristison Rudianto Marbun membuka Forum Konsultasi Publik Ranwal RKPD Kabupaten Humbang Hasundutan Tahun 2025

topmetro.news – Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor SE yang diwakili Pj Sekretaris Daerah Chiristison Rudianto Marbun membuka secara resmi Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal (Ranwal) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Humbang Hasundutan Tahun 2025 di Pendopo, Perkantoran Bukit Inspirasi Doloksanggul.

Dalam sambutan tertulis yang dibacakan Chiristison Rudianto Marbun, Dosmar Banjarnahor SE menyampaikan bahwa Forum Konsultasi Publik Ranwal RKPD Kabupaten Humbang Hasundutan Tahun 2025 merupakan forum strategis bagi seluruh pemangku kepentingan pembangunan untuk duduk bersama berdiskusi, merumuskan, membahas isu-isu aktual pembangunan yang nantinya akan melahirkan berbagai agenda dan program unggulan pembangunan yang akan dilaksanakan.

“Konsultasi publik ini juga bertujuan untuk perencanaan tahun keempat pelaksanaan RPJMD yang ditandai dengan penyusunan Ranwal RKPD Tahun 2025. Kemiskinan membutuhkan perhatian khusus dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat mengingat target penurunan kemiskinan pada tahun 2025 sebesar 7 persen,” katanya.

Kata Bupati, pembangunan manusia di Kabupaten Humbang Hasundutan terus mengalami kemajuan, pada tahun 2023 Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Humbang Hasundutan mencapai 70,32 dengan target 71,74 pada tahun 2025.

“Capaian indikator makro pembangunan yang kita peroleh dan target pembangunan yang belum optimal pada pelaksanaan periode RPJMD tahun-tahun sebelumnya tentu menjadi dasar kita berpijak untuk merumuskan penyusunan Ranwal RKPD Tahun 2025,” katanya.

Menurut Dosmar, ada enam kebijakan pembangunan daerah. Yakni, pengoptimalan kualitas hidup dan daya saing SDM, pengoptimalan daya saing ekonomi daerah melalui pertanian dan ekonomi kreatif, pengoptimalan infrastruktur pembangunan wilayah dan tata ruang, pengoptimalan tata kelola pemerintahan yang inovatif, pengoptimalan penanggulangan kemiskinan dan pengurangan tingkat pengangguran dan pengoptimalan sumber daya alam dan lingkungan hidup.

Kegiatan ini dihadiri Forkopimda Kapolres Humbang Hasundutan diwakili Kabag Ren AKP H. Marpaung Kajari Humbang Hasundutan diwakili Kasi Intel Gerry Anderson Gultom SH, Dandim 0210/TU diwakili Pabung Mayor Ojak Simarmata, DPRD, Pimpinan OPD, instansi vertikal dan lembaga lainnya yang ada di lingkungan Pemkab Humbang Hasundutan.

reporter | S Marihot Pakpahan

Related posts

Leave a Comment