Butong Dukung Mandatori Halal Produk Makanan Indonesia

topmetro.news – Wakil Ketua Komisi II DPRD Medan, Surianto SH (Butong), mendukung kebijakan Pemerintah Pusat yang akan menerapkan Mandatori Halal untuk setiap produk makanan di Indonesia khususnya di Kota Medan.

Kebijakan tersebut diyakini akan mempermudah masyarakat untuk membeli makanan maupun minuman jika bepergian ke suatu daerah yang tidak diketahui.

“Terkadang kita sering bepergian ke luar kota ataupun provinsi yang daerahnya tidak kita kenal.

Dengan adanya sertifikat halal, tentu kita tidak bertanya-tanya jika ingin membelinya,” ungkap Butong.

Untuk di Kota Medan, Ketua Fraksi Gerindra DPRD Medan itu meminta Pemko Medan melalui OPD terkait lebih masif lagi melakukan sosialisasi kebijakan tersebut.

“Informasinya Oktober 2024 akan diterapkan, makanya Pemko Medan harus aktif.

Jangan sampai karena pelaku UMKM tidak mengetahui informasi ini, mereka (pelaku UMKM) malah jadi terkena denda, hal seperti itu harus diantisipasi,” urainya.

Butong juga mengimbau kepada para pelaku UMKM untuk segera mengurus sertifikat halal produknya agar ke depannya bisa berjualan dengan tenang.

“Saat ini semua pengurusannya gratis, manfaatkan kesempatan tersebut. Kalau sudah gratis juga tidak mau mengurus, tentu sulit kita membayangkannya.

Sertifikat halal itu sangat perlu, sebab merupakan kepastian juga kepada para konsumen. Makanya segera diurus,” tutupnya.

Reporter : Thamrin Samosir

Related posts

Leave a Comment