Pemkab Samosir Siap Menjadi Tuan Rumah Voli Pantai PON Sumut Aceh 2024

Bupati Vandiko T Gultom mengatakan bahwa Pemkab Samosir siap menjadi tuan rumah cabang olahraga Voli Pantai Pekan Olahraga Nasional (PON) Sumut Aceh 2024.

topmetro.news – Bupati Vandiko T Gultom mengatakan bahwa Pemkab Samosir siap menjadi tuan rumah cabang olahraga Voli Pantai Pekan Olahraga Nasional (PON) Sumut Aceh 2024.

Kesiapan ini disampaikan saat meninjau venue di lokasi Creatif Hub, Desa Situngkir bersama Kadispora Sumut dan Ketua PBVSI Sumut, Sabtu (30/3/2024).

Kata Vandiko, dalam mendongkrak pariwisata, memang perlu ada even. Di mana Samosir selalu bersinergi dengan provinsi dan pusat agar kiranya menggelar even nasional dan internasional.

Di samping budaya yang sangat indah, ternyata Samosir sangat menarik dalam pelaksanaan ‘sport tourism’. Sukses dalam even Aquabike Jetski, Vandiko mengatakan tahun depan kemungkinan Kabupaten Samosir akan menggelar F1 Powerboat.

Untuk itu, Bupati Samosir mengajak seluruh masyarakat mendukung sepenuhnya berbagai kegiatan tersebut agar Samosir semakin terkenal.

“Dengan adanya berbagai kegiatan ini, pariwisata semakin menggeliat dan terkenal dalam skala nasional maupun internasional. Dan yang paling penting, membawa peningkatan ekonomi masyarakat,” ungkap Vandiko.

Alam dan Iklim

Kadisporasu H Baharuddin Siagian mengatakan bahwasanya kondisi lokasi yang saat ini sedang tahap pematangan oleh Pemkab Samosir, sangat cocok. Apalagi dengan dukungan ‘view’ alam dan iklim yang tidak terlalu panas.

Ia menyebutkannya, bahwa pelaksanaan kegiatan akan memberikan dampak positif, di mana akan melibatkan masyarakat menjadi panitia lokal.

“Mudah-mudahan ini bisa berjalan dengan baik dan PON menjadi even ‘sport tourism’. Kami berterima kasih kepada Bupati Samosir karena mendukung. Kami bangga dan akan kami sampaikan kepada Gubsu bahwa Samosir siap,” kata Baharuddin.

Kadisporasu menjelaskan, Pemkab Samosir memfasilitasi tempat pertandingan atau lapangan. Selebihnya akan ditangani dari PB PON. “Di luar lapangan, akan menjadi tanggung jawab PB PON. Dan pelaksanaan akan berlangsung mulai 9 September sampai dengan 20 September 2024,” jelas Baharuddin.

Sementara itu, Ketua PBVSI Edi Usmawan menyampaikan bahwa pada Bulan Juli – Agustus akan berlangsung test even. Maka ia berharap, pekerjaan dapat dapat rampung lebih cepat.

Usmawan berharap Pemkab Samosir tidak menyia-nyiakan peluang yang diberikan. Sebab akan memiliki dampak yang cukup bagus dalam pengembangan kepariwisataan. “Nilai jual ada dan akses sudah ada. Di kelilingi banyak hotel di sekitarnya,” kata Usmawan.

Turut hadir, Sekdakab Samosir Marudut Sitinjak, Kadis Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Jhonson Gultom, Kadis PUTR Rudimanto Limbong, mantan Pj Sekdakab Samosir Rita Tavip Megawati, Ketua KONI Samosir Rismawati Simarmata, dan beberapa panitia PON Sumut Aceh.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment