Bupati Asahan Buka MTQ ke 55 dan Hari Jadi Asahan ke 78

topmetro.news – Pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke 55 tingkat Kabupaten Asahan meriah. Kemeriahan ini terlihat dari semangat para kafilah dari 25 Kecamatan yang mengikuti pawai ta’aruf yang dilepas Bupati Asahan dari  depan Masjid Agung H Achmad Bakrie, Rabu (24/4/2024).

Usai melepas pawai, Bupati beserta Forkopimda menuju mimbar utama di Gedung Tahfidz Masjid Agung H Achmad Bakrie untuk membuka MTQ. Dilokasi ini berbagai pertunjukan disajikan para pelajar dibawah naungan Dinas Pendidikan untuk menghibur tamu undangan.

Sekda Asahan Drs John Hardi Nasution MSi selaku ketua panitia MTQ ke 55 dan Hari Jadi Asahan ke 78 menyampaikan dasar kegiatan Surat Keputusan Bupati Asahan Nomor 100.3.3.2-42.1-1.3 dan Nomor 100.3.3.2-24.2-4.15 tahun 2024. Kegiatan  dilaksanakan 24-30 April 2024.

“MTQ diikuti 25 Kecamatan (771 peserta. Cabang dipertandingkan Tilawah, Hifzil Qur’an, Khattil Qur’an, Fahmil Qur’an, Syarhil Qur’an, Karya Tulis Ilmiah Qur’an, Hifzhil Al-Hadits, Tafsir Al-Qur’an, Qiro’at Al-Qur’an”, kata Sekda.

“Bagi para pemenang dan peserta terbaik nantinya akan diberikan penghargaan berupa Piagam, Throphy dan uang pembinaan”, kata Sekda.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Asahan H Surya BSc menerima dana CSR dari PT Bank Sumut Cabang Kisaran sebesar Rp 233.328.957 untuk pembangunan sarana tempat Sholat di Taman Hutan Kota Taufan Gama Simatupang Kisaran yang diserahkan Pimpinan PT Bank Sumut Cabang Kisaran.

Bupati mengatakan MTQ harus kita jadikan sebagai media dakwah dan syi’ar keagamaan yang efektif. Secara nyata telah terbukti MTQ mampu menjadi daya dorong yang kuat dalam memacu percepatan pembangunan daerah. MTQ diharapkan bisa menggairahkah semangat masyarakat untuk senantiasa mempelajari dan memahami al-Quran sebagai pedoman dan petunjuk hidup.

“Patut kita syukuri bahwa dari tahun ke tahun kualitas peserta musabaqah semakin meningkat, baik dari segi bacaan, hafalan, pengetahuan, tulisan, penampilan dan lain-lain. Bupati berharap MTQ dapat terus dilaksanakan di Desa/Kelurahan atas inisiatif masyarakat”, kata Bupati.

Bupati berharap kepada para qari, qori’ah, hafidz, hafizhah dan para penggiat Al-Qur’an lainnya untuk terus meningkatkan kualitas para generasi Qur’ani dalam mengasah kemampuan sehingga bukan hanya dari segi kuantitas, tapi dapat diperhitungkan pula dari segi kemampuan dan kualitas.

Kegiatan MTQ dirangkai Asahan Expo dalam rangka Hari Jadi Asahan ke 78, sebagai kegiatan mempublikasikan pembangunan yang sudah ada, mempromosikan produk-produk unggulan kecamatan, menampilkan potensi budaya dan pariwisata.

Bupati berharap para kafilah dapat menampilkan kemampuan terbaik, sehingga kita mendapatkan qari dan qariah, hafidz dan hafidzah terbaik yang akan menjadi Duta Asahan ditingkat Provinsi dan Nasional . Kepada dewan hakim, sesuaikanlah penilaian pemenang dengan ketentuan aturan yang berlaku.

Penulis | Adenan.

Related posts

Leave a Comment