Ini Kedahsyatan Manfaat Buah Naga yang Belum Diketahui

Meskipun bukan buah asli Indonesia, buah naga begitu populer dikalangan masyarakat. Siapapun bisa dengan mudah mendapatkan buah yang usut punya usut ternyata berasal dari Meksiko ini. Bagi yang belum tahu, Buah naga merupakan buah pitaya yang berbentuk bulat lonjong seperti nanas yang pada umumnya memiliki warna kulit merah serta dihiasi sulur atau sisik seperti naga.

Ada empat jenis kategori buah naga yaitu, buah naga daging merah, buah naga daging putih, buah naga super merah, dan buah naga daging kuning. Keempat jenis ini punya ciri dan kandungan yang berbeda-beda. Kali ini kita akan membahas kandungan yang terdapat pada buah naga daging merah atau yang memiliki nama lain Hylocereus polyrizus.

Jenis buah naga yang satu ini mampu menghasilkan bobot rata-rata sampai 500 gram, serta memiliki kandungan rasa manis sampai 15 brix (unit pengukur tingkat kemanisan gula di dalam cairan). Selain itu buah naga daging merah menyimpan banyak kandungan senyawa yang sangat bermanfaat, seperti vitamin B1 vitamin B2, vitamin B3 dan vitamin C, protein, lemak, karbohidrat, serat kasar, tiamin, niacin, pyridoxine, kobalamin, glukosa, fenol, betasianin, polifenol, karoten, fosfor, besi dan flavonoid yang beberapa diantaranya merupakan senyawa antioksidan.

Berbagai kandungan tersebut memiliki peran yang sangat besar bagi pencegahan maupun penyembuhan beberapa penyakit yang mematikan seperti :

Diabetes Melitus

Diabetes Melitus merupakan penyakit gangguan metabolik menahun akibat pankreas tidak memproduksi cukup insulin atau tubuh tidak dapat menggunakan insulin yang diproduksi secara efektif. Buah naga dapat menjadi penyeimbang kadar gula darah karena buah ini mengandung berbagai macam antioksidan yaitu flavonoid, vitamin E, vitamin C, dan betakaroten yang memiliki kemampuan untuk menurunkan stress oksidatif dan mengurangi ROS(Reactive Oxygen Species) sehingga dapat menimbulkan efek protektif terhadap sel βpankreas dan meningkatkan sensitivitas insulin

Mencegah Penyakit Kanker

Kandungan antioksidan yang terdapat pada buah naga merah mampu menjaga dan meregenerasi jaringan atau sel mati. Selain itu kandungan ini mampu menjaga kesehatan sel-sel tubuh agar tidak mengalami perubahan sel menjadi abnormal

Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Dilansir dari laman resmi ALODOKTER, penyakit jantung adalah kondisi ketika bagian jantung yang meliputi pembuluh darah jantung, selaput jantung, katup jantung, dan otot jantung mengalami gangguan. Antioksidan yang terkandung dalam buah naga bermanfaat untuk menjaga elastisitas pembuluh darah serta memperbaiki sistem pembuluh darah dan menurunkan kadar kolesterol pada tubuh yang sering menjadi penyebab tersumbatnya pembuluh darah.

Untuk mendapatkan khasiat yang super dahsyat dari buah naga tentunya bukanlah hal yang sulit. Kalian juga bisa mengolah buah naga dengan bentuk varian berbeda, seperti di jus, dibuat yoghurt, atau lainnya.

 Penulis | Agung Bukit

 

 

 

Related posts

Leave a Comment