Hati-Hati Penipuan, Marak Petugas Gadungan, Warga Agar Perhatikan Ciri Petugas Resmi PLN

PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Utara mengimbau kepada masyarakat untuk lebih berhati-hati dengan penipuan oleh oknum mengatasnamakan PLN yang marak terjadi belakangan ini.

topmetro.news – PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Utara mengimbau kepada masyarakat untuk lebih berhati-hati dengan penipuan oleh oknum mengatasnamakan PLN yang marak terjadi belakangan ini.

Manager Komunikasi dan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) Surya Sahputra Sitepu menjelaskan, penipuan yang mengatasnamakan oknum PLN berdalih sebagai petugas Pelayanan Teknik (Yantek) melakukan patroli untuk memeriksa jaringan listrik yang berujung kepada pencurian kabel dan komponen listrik lainnya.

“Kami (PLN) mengimbau masyarakat untuk waspada dan dapat memperhatikan jika terdapat oknum yang mencurigakan di sekitar tempat tinggal. Segera laporkan!” tegas Surya.

Surya menjelaskan, ada pun ciri petugas resmi Yantek yaitu:

  • Petugas menggunakan seragam biru dengan rompi berwarna orange dan helm berwarna kuning.
  • Memiliki tanda pengenal.
  • Menggunakan mobil dinas atau sepeda motor berlogo PLN.
  • Memiliki Work Order (WO) pengaduan keluhan/gangguan di aplikasi Yantek Mobile.

“Jika masyarakat melihat ada oknum tersebut tidak dilengkapi dengan hal tersebut, dipastikan bahwa itu bukan petugas resmi PLN,” ujar Surya.

General Manager PLN UID Sumatera Utara Saleh Siswanto menyampaikan, bahwa kejadian akibat adanya oknum PLN gadungan sangat berbahaya. Hal tersebut karena peralatan yang mereka gunakan tidak sesuai dengan ‘Standard Operating Procedure’ (SOP) di PLN.

“Para oknum gadungan menggunakan peralatan yang dapat membahayakan diri mereka. Penggunaan peralatan yang tidak sesuai dengan SOP dapat mengakibatkan tersengat listrik, hingga mereggut jiwa,” pungkas Saleh.

Masyarakat juga dapat melaporkan kejadian tersebut melalui aplikasi PLN Mobile. Dengan cepat, PLN akan menindaklanjuti laporan tersebut.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment