Pengamat Ekonomi Sumut Dr Supriadi: Kabir Bedi Sosok yang Tepat Pimpin Tirtanadi Kembali

Salah seorang pengamat ekonomi Sumatera Utara (Sumut) Dr Supriadi SE MM MSi angkat bicara, bahwa sosok yang tepat untuk memimpin kembali Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirtanadi adalah Kabir Bedi.

topmetro.news – Salah seorang pengamat ekonomi Sumatera Utara (Sumut) Dr Supriadi SE MM MSi angkat bicara, bahwa sosok yang tepat untuk memimpin kembali Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirtanadi adalah Kabir Bedi.

Demikian kata Dr Supriadi kepada wartawan, Minggu (5/5/2024).

Supriadi mengatakan, bahwa berdasarkan data selama Kabir Bedi jadi Direktur Utama Perumda Tirtanadi, Pendapatam Asli Daerah (PAD) terus meningkat. Pada tahun 2020 PAD, yang disetorkan ke Pemprov Sumut mencapai Rp26 miliar lebih. Untuk tahun 2021 terjadi peningkatan menjadi Rp30 miliar lebih. Selanjutnya tahun 2022 mencapai Rp31,5 miliar. Kemudian tahun 2023 PAD dari Tirtanadi mencapai Rp35 miliar.

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) itu lebih dalam menjelaskan, terkait peningkatan PAD oleh Tirtanadi tiap tahun, maka core bisnis yang dibangun Tirtanadi mengalami kemajuan yang signifikan dalam perkembangannya.

“Hal ini harus ditingkatkan untuk ke depannya. Karena suatu perusahaan bisa sehat finansial, tentu lantaran mengedepankan efisiensi. Nah di sisi lain perusahaan ini mampu memaksimalkan layanan berarti ‘effort’ (upaya) berkonsekuensi pembiayaan,” jelas Supriadi.

Selain itu kata Supriadi, banyaknya penghargaan dalam empat tahun berturut kepada Perumda Tirtanadi, menunjukkan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Sumatera Utara ini, mengalami banyak perkembangan dan kemajuan dalam tata kelola manajemen perusahaan yang baik.

Bahkan menurutnya (Supriadi) meningkatnya PAD dari Tirtanadi setiap tahunnya, juga menunjukkan trend positif dari sisi efisiensi dan tata kelola keuangan berbasis digital. Ini yang membuat akuntabilitasnya unggul.

Performa dan Pelayanan

Menurutnya lagi, performa yang ditunjukkan Kabir Bedi selaku Dirut Perumda Tirtanadi, berbuah hasil yang maksimal dalam tata kelola perusahaan.

“Dua kali mendapatkan penghargaan Golden Trophy Bintang 5. Yakni di tahun 2023 dan 2024 sebagai CEO Terbaik Top BUMD dari Institut Otonomi Daerah, menegaskan kalau Kabir Bedi adalah sosok yang tepat memimpin Perumda Tirtanadi,” ujarnya.

Lebih jauh kata Supriadi, bahwa kunci atas capaian itu adalah seorang CEO (pemimpin). Yakni, seberapa epik kemampuan manajerialnya untuk membangun tata kelola keuangan yang benar-benar akuntabel.

Terkait layanan ke masyarakat, Ketua DPW GM Pujakesuma Sumut ini, mengaku ia mendengar jika pelayanan oleh Tirtanadi kepada masyarakat sudah cukup baik.

“Kalau untuk hal ini, kita sebagai masyarakat yang juga pelanggan Tirtanadi berharap pelayanan lebih ditingkatkan lagi. Agar masyarakat semakin puas dengan kinerja Tirtanadi,” ujarnya.

Selain itu, tambah Supriadi, dalam kurun waktu empat tahun sejak tahun 2021, Perumda Tirtanadi sudah memperoleh 11 penghargaan. Di mana Kabir Bedi selaku direktur utama, secara pribadi juga memperoleh sebanyak tujuh penghargaan.

Sebagai informasi, beberapa hari ke depan periodesasi kepemimpinan Kabir Bedi dan dua direksi lainnya akan berakhir. Mereka dapat pun diangkat kembali oleh Pj Gubernur Sumut.

penulis | Erris JN

Related posts

Leave a Comment