KPU Rangkul Pers untuk Ikut Mengawal Pilkada Melalui Media Center

topmetro.news– 160 lebih wartawan dari berbagai media yang ada di Kota Medan memadati  acara “coffe Morning”  yang diadakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Medan pada 29 Mei 2024 yang bertempat di hotel Polonia Medan.

Pertemuan ini  sebagai inisiasi dalam pembentukan Media Center yang ditujukan untuk mewadahi media pers di Medan dalam rangka mengawal Pilkada terkhususnya di Kota Medan. Sebagai pemantik diskusi, Ketua KPU Kota Medan Mutia Atiqah, menerangkan bahwa tugas utama Media Center berkaitan dengan distribusi informasi  proses Pilkada  yang akan dilaksanakan 27 November 2024 mendatang.

“Media Center bertugas untuk menyebarkan informasi mengenai Pilkada sumut kepada masyarakat melalui proses peliputan dan pembuatan berita yang dilakukan oleh wartawan”

Sinergitas wartawan dan KPU mengawal Pilkada Sumut sangat dibutuhkan untuk menciptakan suasana pemilihan yang kondusif serta menjauhkan masyarakat dari hoax yang memicu intrik. Namun keterbatasan secara material membuat KPU Kota Medan membatasi jumlah media yang mau bergabung ke dalam Media Center.

“Dalam perencanaan KPU, ada 120 Media yang  tercatat sebelumnya akan dialokasikan ke dalam Media Center. Walaupun akan diverifikasi terlebih dahulu keberadaan media- media tersebut”

Untuk mencapai hasil yang maksimal KPU Kota Medan akan melihat berbagai indikator penting yang mengindikasikan bahwa media yang dipilih layak bergabung. Indikator yang dilihat berkaitan dengan legalitas dari perusahaan pers tersebut atau apakah memiliki badan hukum atau tidak, verifikasi Dewan Pers, dan verifikasi wartawan yang dipilih bertugas di KPU.

Selain itu, salah satu pemantik lainnya, Bobby Niedal Dalimunthe  selaku Kepala Divisi  Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan Sumber Daya Manusia. Menekankan walaupun hanya ada 120 media yang bergabung, KPU akan tetap bersifat inklusif dan terbuka kepada media apapun yang membutuhkan informasi terkait Pilkada.

Demi menunjang efisiensi dan efektivitas kinerja Media Center maka wartawan yang bertugas akan diberikan ruangan yang terletak di kantor KPU Kota Medan. Bentuk apresiasi dan kompensasi juga diberikan kepada wartawan per bulan, dengan catatan berita-berita yang telah dimuat oleh para wartawan  selama Pilkada berlangsung dilampirkan ke dalam kliping. Hal ini nantinya sebagai bukti pertanggungjawaban KPU Kota Medan atas kinerja yang telah dilakukan Media Center.

reporter | Agung Bukit

Related posts

Leave a Comment