Gubsu Diberi Gelar Patuan Raja Hamonangan

gubsu diberi gelar raja

TOPMETRO.NEWS – Dalam pertemuan silaturahmi dengan Raja-raja adat dan masyarakat se-Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel), Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi disambut meriah masyarakat dan diberi gelar Patuan Raja Hamonangan.

Dalam silaturahmi di Istana Tunggal Bosar Bagas Godang Janji Mauli, Kecamatan Batang Angkola, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sabtu (29/7)), 5 Raja dari empat kabupaten dan satu kota se Tapanuli Bagian Selatan memberi gelar Patuan Raja Hamonangan kepada Gubsu Erry Nuradi karena dianggap telah banyak memberikan perhatian terhadap pembangunan di masyarakat di Tapanuli Bagian Selatan.

“Pemberian gelar Raja dari masyarakat Adat Dalihan Natolu dihadiri Raja-raja dalam sidang adat, kepada orang yang berjasa bagi daerah yang bersangkutan dinilai wajar, dan dengan kebulatan hati memberikan gelar Patuan Raja Hamonangan kepada Gubsu Erry karena perhatiannya yang cukup besar demi pembangunan Tapanuli Bagian Selatan,” ujar perwakilan Raja Adat Tabagsel Baginda Batangtaris.

Pada Silaturahmi Gubsu dengan Raja-raja Tapanuli Bagian Selatan dan masyarakat, Hj Evi Diana Erry Nuradi juga diberi gelar Naduma Daksina Hasayangan.
Menurut Raja Adat Tabagsel Patuan diartikan sebagai paduka, tuan yang mengayomi masyarakat.

Raja diartikan sebagai yang memberikan sinar kehidupan dan kesejahteraan dan Hamonangan diartikan sebagai pemenang di segala bidang dengan harapan dapat memenangkan setiap kegiatan.

Gubsu Erry Nuradi menanggapi pemberian gelar tersebut mengucapkan terima kasih kepada Raja-raja Adat dan masyarakat se Tabagsel yang telah memberikan apresiasi yang luar biasa kepada dirinya.

”Daripada harus berakata-kata panjang lebih bagus saya bertindak dengan nyata apa yang harus saya lakukan untuk kemajuan Tapanuli Bagian Selatan,” ucap Erry.

Erry menyebutkan pemberian gelar ini merupakan amanah yang tidak ringan dan akan berusaha tetap menjaga amanah yang dipercayakan kepada dirinya.

Erry mengatakan selama ini dirinya terus memperhatikan Tapanuli Bagian Selatan salah satunya adalah untuk menduduki posisi strategis di Pemprovsu yaitu jabatan Eselon II, Gubsu mempercayakan kepada lebih dari 50 persen diduduki masyarakat yang berasal dari Tapanuli bagian Selatan.

“Dari lebih empat puluh pejabat eselon II di Pemprovsu, lebih 50 persen adalah orang Tabagsel. Mudah-mudahan kedepannya perhatian kepada Tabagsel akan lebih banyak. Dan harapan masyarakat akan lebih baik,” sebut Erry.(tmn)

Related posts

Leave a Comment